Muhammadiyah Luncurkan Portal Berita untuk Sarana Dakwah Peradaban

Jakarta, 23 Rabi’ul Awwal 1438/23 Desember 2016 (MINA) – Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, hari ini Jum’at (23/) resmi meluncurkan portal berita baru guna membentuk peradaban Islam melalui media.

“Portal berita dengan alamat webbsite menara62.com ini adalah sarana dakwah peradaban, yang berfungsi sebagai wujud untuk menghalau banyaknya informasi yang justru meresahkan umat,” kata Dadang Kahmad, Ketua Muhammadiyah saat meresmikan portal berita di Gedung Pusat Muhammadiyah, Jakarta.

Menurut Dadang, arus informasi yang benar maupun informasi yang tidak benar sudah disebutkan di dalam Al-Quran.

“Dalam Al-Quran banyak ayat ayat yang menyinggung soal informasi, utamanya untuk meneliti kembali informasi yang datang kepada kita,” ujar dia.

Sementara itu, Imam Prihadiyoko yang merupakan pemimpin redaksi menyatakan portal berita www.menara62.com ini adalah komitmen Muhammadiyah untuk membangun peradaban baru di dunia media.

Selain itu, kata dia, peluncuran www.menara62.com juga wujud dakwah berkemajuan Muhammadiyah: dakwah melalui pena.

“Berdakwah melalui pena telah diaplikasikan sejak zaman Rasulullah. Setelah Rasulullah menerima wahyu, beliau memerintahkan sahabat-sahabatnya yang memiliki kemampuan menulis wahyu yang diterimanya,” katanya.

Peluncuran situs ini sekaligus menegaskan kembali pentingnya dakwah bil qalam dalam tradisi Muhammadiyah. Dakwah melalui pena adalah dakwah bil qalam yang mengajak dan menyeru untuk kebaikan dan kemaslahatan; era globalisasi informasi-komunikasi saat ini menjadi keniscayaan, keharusan, bahkan kewajiban.

Kelahiran portal berita ini tentu saja akan menambah semarak pemberitaan media-media massa yang dikelola kader Muhammadiyah, baik online, cetak, maupun televisi, sehingga diharapkan turut berperan dalam membangun peradaban baru di dunia media.

Berbeda dengan media-media Muhammadiyah yang telah ada sebelumnya yang lebih bersifat internal, Portal www.menara62.com akan menyasar pada segmentasi umum.

Hadir pada acara tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Direktur Utama LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat, Direktur Pemberitaan LKBN Antara Aat Surya Syafaat, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, dan tamu undangan lainnya. (L/R06/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)