Muhammadiyah Malaysia Resmikan PKBM untuk Pendidikan Anak-Anak Indonesia

Kuala Lumpur, MINA – Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah () meresmikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat () Kuala Lumpur, untuk memecahkan masalah kurangnya akses pendidikan anak-anak Indonesia di negeri Jiran.

Dalam peresmian itu Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Mukhammad Farid Maruf menyampaikan terimakasih sekaligus apresiasi atas inisiatif PCIM dan Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) Kampung Baru Malaysia.

“Kami atas nama pemerintah meminta maaf belum bisa menyediakan fasilitas pendidikan sebagaimana amanat undang-undang karena yang ada hanya Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), sedangkan jumlah anak-anak Indonesia ada puluhan ribu anak,” katanya.

Menurut Fadir, pendirian Sanggar Bimbingan Belajar PKBM Kuala Lumpur telah mendapatkan izin kegiatan dari Kementerian Pendidikan Malaysia.

“Kegiatan ini atas partisipasi dari masyarakat. Ada dua jaminan dari kami, pertama anak-anak bisa ikut ujian bukan hanya baca tulis hitung, melainkan nanti menggunakan kurikulum Indonesia sehingga saat pulang bisa pindah dengan strata yang sama. Kedua, (mendapatkan) materi pelajaran,” lanjutnya.

Sementara itu Ketua PCIM Malaysia Sonny Zulhuda mengungkapkan,  pendirian PKBM agar anak-anak yang tidak mendapatkan akses pendidikan formal mampu mengikuti pendidikan dengan ijazah yang bisa dipergunakan selepas dari pendidikan.

“Selama ini kami mengerjakan TPA yang sifatnya informal. makanya, begitu ketemu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKPB), Muhammadiyah perlu berpartisipasi dalam program pemerintah. Nanti tidak hanya belajar ilmunya, tetapi juga ada ijazahnya supaya ke depan anak-anak semua mendapatkan kesempatan,” pungkasnya. (R/SH/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.