Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Muhammadiyah Minta Jamaah Ramah pada Anak-Anak di Masjid

Arina Islami Editor : Rana Setiawan - 19 detik yang lalu

19 detik yang lalu

1 Views

Ilustrasi. Anak kecil memperhatikan jamaah melaksanakan sholat. [Foto: Freepic]

Surabaya, MINA – Ketua Lembaga Pengembangan Cabang Ranting Pembinaan Masjid (LPCRPM) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Jamaluddin Ahmad meminta supaya anak-anak yang datang ke masjid tidak dimarahi.

Bahkan ketika anak-anak tersebut berisik atau terlalu asik bermain di masjid tidak boleh dimarahi, melainkan harus diajari untuk tertib.

Dia khawatir jika main di masjid dimarahi, mereka akan trauma dan enggan datang kembali ke masjid.

“Jadi menimbulkan trauma bagi anak-anak. Dia akan cari tempat di luar masjid, maka masjid harus ramah terhadap anak-anak,” kata Jamal pada Ahad (8/9) dalam Pengajian Ahad Pon Muhammadiyah Kalibening, Banjarnegara, Jawa Timur. Dikutip dari keterangan resmi Muhammadiyah yang dipublikasi pada Selasa (10/9).

Baca Juga: Arab Saudi Gelar Pertemuan Bahas Persiapan Haji 2025

Oleh karena itu, masjid ramah anak menjadi salah satu kriteria makmur-memakmurkan masjid yang merupakan bagian dari gerakan oleh LPCRPM PP Muhammadiyah pada periode muktamar 48.

Pada kesempatan itu, Jamaluddin juga mengimbau supaya Ranting Muhammadiyah untuk rutin menyelenggarakan pengajian rutin. Pengajian ini, katanya, menjadi indikator sebuah ranting itu hidup, berkembang, atau sudah mati.

Bahkan menurutnya, pengajian rutin dapat dijadikan barometer untuk mengukur kemajuan Muhammadiyah di kawasan itu. Sebab faktanya di beberapa ranting eksistensi pengajian linier dengan jumlah dan kemajuan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di situ.

Dalam mengembangkan pelayanan melalui AUM, kata Jamaluddin, dapat dilakukan dengan gemar berzakat, infak, sedekah, sampai dengan wakaf. Sebab gerakan ini ditopang oleh semangat orang-orang yang gemar beramal kebajikan.[]

Baca Juga: Bertemu Raja Malaysia, Prabowo Sampaikan Komitmen Kerja Sama Bilateral

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Sebanyak 6.251 Siswa di Mesir Selesaikan Hafalan Al-Quran Sekali Duduk

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Palestina
Khutbah Jumat
Palestina
MINA Health
MINA Health
MINA Health