Muhammadiyah Punya Komitmen Dukung Perbankan Syariah

Ketua PP Muhammadiyah Buya Anwar Abbas (Foto: MINA)

Jakarta, MINA – Lembaga keagamaan Muhammadiyah mempunyai komitmen yang tinggi untuk mendukung perbankan syariah. Demikian disampaikan Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas dalam keterangan tertulis, Rabu (5/6).

“Untuk itu Muhammadiyah terus melakukan rasionalisasi dan konsolidasi terhadap masalah keuangannya,” ujarnya.

Ia mengatakan, Muhammadiyah bisa berkontribusi bagi terciptanya persaingan yang sehat diantara perbankan syariah yang ada, terutama ketika dunia perbankan syariah tersebut berhubungan dengan Muhamnadiyah.

“Maka Muhammadiyah merasa perlu menata banyak hal tentang masalah keuangannya, termasuk dunia perbankan terutama menyangkut tentang penempatan dana dan juga pembiayaan yang diterimanya,” imbuh Buya Anwar.

Menurutnya, fakta yang ada menunjukkan penempatan dana Muhammadiyah terlalu banyak berada di BSI, sehingga secara bisnis dapat menimbulkan resiko konsentrasi (concentration risk).

“Sementara di bank-bank syariah lain masih sedikit sehingga bank-bank syariah lain tersebuti tdak bisa berkompetisi dengan margin yang ditawarkan oleh BSI, baik yang berhubungan dengan penempatan dana maupun pembiayaan,” kata Buya Anwar.

Bila hal ini terus berlangsung katanya, maka persaingan diantara perbankan syariah ada tidak akan sehat dan itu jelas tidak kita inginkan.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi