MUI Ajak Umat Islam Semarakkan Pekan Solidaritas Palestina

Jakarta, MINA — Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan maklumat untuk menyelenggarakan Pekan Solidaritas Palestina kepada Dewan Pimpinan MUI daerah dan ormas Islam se-Indonesia.

Hal ini merujuk pada resolusi PBB No.32/40B tentang Hari Palestina yang diperingati setiap 29 November.

Maklumat yMUI ang ditandatangani Sekretaris Jenderal MUI, Buya Amirsyah Tambunan, dan Ketua Bidang Luar Negeri MUI, Prof Sudarnoto Abdul Hakim ini, menyatakan, peringatan  akan berlangsung pada 23-29 November 2021.

Ketua Komisi Luar Negeri MUI, Bunyan Saptomo, menjelaskan resolusi tersebut memuat dua hal. Pertama, menugaskan Sekjen PBB membentuk unit khusus yang melakukan studi dan penyebaran informasi mengenai hak-hak Palestina, serta menyelanggarakan solidaritas untuk Palestina setiap 29 November.

“Kedua, menyerukan kepada semua negara dan organisasi di seluruh dunia untuk melaksanakan acara yang diamanatkan resolusi ini,” kata Bunyan dalam keterangan tertulisnya diterima MINA, Kamis (25/11).

Untuk rangkaian kegiatanya, Bunyan Saptomo menjelaskan bahwa kegiatan ini akan diisi diskusi, talkshow, ceramah, yang diadakan di masjid, universitas, TV, radio dan lainnya. Hal ini demi memberi dukungan kepada perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai kemerdekaanya.

“Selain itu, (akan ada) wawancara oleh media MUI dengan Ketum MUI dan sejumlah tokoh ormas Islam serta pimpinan lembaga amal terkait dengan hari solidaritas untuk rakyat Palestina dan fundraising RSIH,” jelasnya.

Bunyan menuturkan, kegiatan ini demi mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai kemerdekaanya dan memberi sumbangan bagi pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSHI) yang merupakan proyek kerja sama MUI dengan pemerintah kota Hebron, Palestina.

“MUI Pusat akan mengawali kegiatan dengan acara diskusi tentang dunia Islam termasuk Palestina secara hybrid 25 November 2021,” ujarnya.

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa pada kegiatan puncak 29 November 2021, akan dilakukan penandatanganan secara virtual MOU Kerja Sama Pembangunan RSIH antara MUI dengan Wali Kota Hebron.

Lebih lanjut dia menyampaikan, kegiatan Pekan Solidaritas Palestina ini di bawah kepanitian Pembangunan RSIH yang dipimpin langsung Ketua MUI Bidang Luar Negeri, Prof Sudarnoto Hakim. Sebelumnya, MUI dan Wali Kota Hebron telah sepakat untuk kerja sama membangun RSIH dengan biaya Rp 87 miliar.

Dalam maklumat tersebut disampaikan, hingga saat ini dana terkumpul sebesar Rp 24.754.103.225.

Untuk itu, masih diperlukan upaya untuk pembangunan RSIH yang bisa dikumpulkan melalui rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan nomer rekening: 8425314000 a/n Majelis Ulama Indonesia.

Serta bisa mengonfirmasi pengeriman dana kepada Amirah Nahrawi LC (0817-9913-136), dan Juliana Al-Hasanah (0811-1061-668).

Pekan Solidaritas Palestina sebelumnya digagas lembaga kemanusiaan Aqsa Working Group (AWG) pada 22-29 November 2021. Agenda dalam rangka menyambut seruan PBB yang menetapkan tanggal 29 November menjadi hari Solidaritas Internasional untuk Palestina ini menjadi acara tahunan sebagai gerakan mendukung pembebasan Masjidil Aqsa dan kemerdekaan Palestina. (R/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.