MUI Ajak Umat Islam untuk Qunut Nazilah

Jakarta, MINA – Majelis Ulama Indonesia () mengajak umat Islam melakukan qunut Nazilah berdoa disetiap shalat fardu agar terhindar dari bencana .

“Kami meminta semua elemen bangsa khususnya umat Islam untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah agar terhindar dari musibah tersebut,” kata Anwar Abbas dalam keterangan pers di Gedung MUI, Jakarta Pusat, Selasa (3/3).

Menurutnya, dengan memperbanyak taubat, memohon ampun kepada Allah meninggalkan perilaku dzalim memperbanyak sedekah dan meninggalkan permusuhan,

“Sebab, penyebaran virus Corona ini, bisa jadi merupakan peringatan dari Allah agar umat Islam semakin mendekatkan diri kepada Allah,” ujar dia.

Dia juga menambahkan, umat Islam juga perlu memperbanyak wudhu sesuai dengan tata caranya secara benar dan sempurna, khususnya dalam mencuci kedua tangan (Ghaslul Kaffaini).

“Agar melakukannya lebih ekstra dalam menggunakan sabun untuk diyakini lebih bersih, saat berkumur (Tamadhmudh), dan saat membersihkan hidung (Istinsyaq), karena sesuai keterangan para ahli kesehatan, cara-cara tersebut diyakini dapat menangkal penularan virus Corona,” paparnya.

Sementara Ketua Umum MUI Muhyiddin Junaidi mengimbau semua elemen bangsa untuk tetap tenang, bersatu,  mengedepankan sikap saling membantu, menghindarkan perilaku saling berbantahan dan saling menyalahkan, serta tidak menyebarkan berita atau informasi yang belum diketahui kebenarannya.

“Bersama-sama melakukan segala upaya untuk menangkal dan meminimalkan potensi penyebaran virus Corona tersebut,” katanya.

MUI meminta kepada umat Islam berpegang teguh kepada pola hidup yang Islami, dimulai dengan makanan, minuman, pakaian dan muamalah demi meraih ridha Allah SWT.

“Sesuai perintah dalam Al-Baqarah ayat 168, wahai manusia, makanlah apa yang Kami ciptakan di bumi dari segala yang halal yang tidak kami haramkan dan yang baik-baik,” tutupnya. (R/R4/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)