MUI Akan Adakan Silaturrahim Wartawan dan Pengelola Media Islam

Jakarta, 2 Jumadil Awwal 1438/30 Januari 2017 (MINA) –Majelis Ulama Indonesia akan mengadakan Silaturrahim Wartawan dan Pengelola Media- karena keberadaan media massa mainstream dan media sosial akhir-akhir ini dihadapkan banyak tantangan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Penitia Silaturrahim Wartawan dan Pengelolah Media Muslim, Muhamad Fadhilah Zein kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), di Jakarta, Senin (30/1).

“Baik dari keberadaan media dengan perkembangan pesat teknologi komunikasi maupun persoalan yang dihadapi masyarakat, bangsa dan negara, terutama menyangkut posisi umat Islam dalam bingkai NKRI,” kata Fadhil.

Ia mengatakan, ramainya pemberitaan media akhir-akhir ini, apalagi lewat media sosial yang bernuansa hoax (berita fitnah, adu domba, permusuhan, dll), membuat Islam  umat, ulama, or mas Islam sering dipojokkan (bully).

Selain itu, Fadhil mengatakan, posisi media Muslim belum dapat berbuat banyak, bahkan termasuk yang kena bully menyedihkan lagi yakni sejumlah media Muslim (terutama online), diblokir pemerintah. Karena juga dianggap media hoax, menyebarluaskan radikalisme, teror, anti-NKRI dan sebagainya yang negatif.

Menurut Fadhil, media Muslim patut mendapat pengayoman, pembinaan dan pengembangan agar potensinya dapat benar-benar sebagai media dakwah, media profesional penyebar informasi yang edukatif bahkan harusnya ikut menangkal berbagai isu radikalisme, teror, dan berbagai isu yang merusak kehidupan umat, bangsa dan negara.

“Media Muslim harusnya ikut berperan besar memajukan kehidupan umat mendukung NKRI Pancasila dan UUD 1945 dengan mengedepankan Islam Rahmatan Lil Alamin,” tegas Fadhil.

sebagai representasi kepemimpinan umat, melayani dan melindungi umat perlu mengambil peran megayomi, membina, membimbing dan mengembangkan media Muslim agar dapat sesuai peran yang diharapkan menyiapkan wadah silaturahim buat wartawan dan pengelola Muslim.

Hari Pers Nasional Februari 2017 dapat menjadi momen penyelenggaraan silaturahim wartawan dan pengelola media Muslim yang rencananya akan diadakan pada 3 Februari 2017 di Gedung MUI Pusat dan didukung para mitra. (L/R03/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.