MUI Akan Gelar Muhasabah dan Istighatsah Kamis Malam

Jakarta, MINA  – Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan mengadakan acara Muhasabah dan Istighatsah untuk Negeri di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (28/1) malam, akan berlangsung live mulai pukul 20.00 WIB.

Istighatsah akan dipimpin oleh Habib Nabil Al-Musawwa dan rangkaian doa dari sejumlah ulama, demikian keterangan yang diterima MINA, Rabu (27/1).

Muhasabah dan Istighatsah disiarkan langsung melalui vasilitas zoom meeting dan youtube channel di akun Official TV MUI sehingga bisa diakses dan diikuti masyarakat luar.

Kegiatan yang akan dihadiri sejumlah ulama dan pejabat negara ini juga akan disiarkan langsung dan bisa diikuti oleh umat Islam melalui berbagai platform media sosial,

Ketua Komisi Dakwah MUI, KH Ahmad Zubaidi sebagai ketua panitia muhasabah dan istighatsah, kegiatan ini akan diikuti oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, Ketua Umum MUI KH Miftachul Achyar, segenap Dewan Pimpinan MUI, dan pimpinan MUI daerah yang tersambung secara virtual.

KH Ahmad Zubaidi menjelaskan, kegiatan ini adalah untuk mengajak umat Islam Indonesia  bermuhasabah atau berintrospeksi, berkaca diri dan i’tiraf atau membuat pengakuan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala bahwa kita masih berlumuran dosa, serta berzikir dan berdoa dan beristighotsah atau memohon pertolongan kepada Allah SWT.

Secara khusus kegiatan ini juga terkait dengan terjadinya musibah dan bencana alam di beberapa daerah di Indonesia dalam beberapa waktu yang berdekatan. Pada saat yang sama pandemi Covid-19 juga masih belum berakhir.

“Kita memohon kepada Allah SWT untuk agar dijauhkan dari segala bala bencana dan agar Allah menurunkan keberkahan-Nya kepada umat Islam Indonesia pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya sehinga Indonesia menjadi baldatun thoyyibatun wa robbun ghofuur,” demikian KH Ahmad Zubaidi. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)