MUI Apresiasi Hasil KTT OKI Terkait Palestina

Jakarta, MINA – Majelis Ulama Indonesia () memberikan apresiasi dan penghargaan atas rekomendasi Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerjasama Islam () dan Liga Arab yang telah diselenggarakan di Riyadh, Arab Saudi, tanggal 11 November 2023.

Selengkapnya, berikut catatan apresiasi MUI, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima MINA, pada hari Senin (13/11).

  1. MUI menghargai dan mengapresiasi inisiatif OKI dan Liga Arab yg telah menyelenggarakan KTT Bersama Luar Biasa terkhusus kepada Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia yg telah menjadi tuan rumah dan memimpin KTT tersebut dengan kepemimpinan yang penuh tanggung jawab, mendengarkan aspirasi seluruh peserta KTT.
  2. MUI mensyukuri dicapainya 31 butir keputusan KTT yg mencerminkan kesepakatan bersama para Pemimpin Negara-Negara anggota OKI dan Liga Arab sebagaimana tertuang dalam Pernyataan Bersama yang mengungkapkan keprihatinan, kekecewaan, kemarahan dan komitmen, serta langkah-langkah tindak lanjutnya.
  3. MUI sangat mendorong semua pihak baik OKI, Liga Arab dan PBB untuk segera mewujudkan gencatan senjata agar bantuan kemanusiaan dan supply berbagai kebutuhan dasar yang sangat dibutuhkan oleh rakyat Palestina di Jalur Gaza dapat segera disalurkan. Dalam hal ini MUI telah mengumpulkan donasi kemanusiaan , termasuk galang donasi untuk RS Indonesia, Aksi Rakyat Bela Palestina, dan malam amal yang berjumlah tidak kurang dari 25 milyar rupiah untuk dapat segera disalurkan ke saudara-saudara di Gaza.
  4. MUI mendesak Amerika, NATO dan negara negara lain untuk menghentikan dukungan militer kepada zionis Israel dalam melakukan genosida, kejahatan perang dan penghancuran terhadap Gaza.
  5. MUI sangat mendukung kesepakatan tentang perlunya segera diproses secara hukum seluruh kejahatan kriminal yg dilakukan penjajah Israel, baik di ICC maupun ICJ dan mendorong unit-unit hukum di OKI dan Liga Arab segera ditugaskan untuk melaksanakan mandatnya.
  6. MUI juga menyambut baik keputusan yang menugaskan Indonesia bersama dengan negara-negara sahabat lainnya untuk segera mengambil langkah diplomasi internasional guna menghentikan perang di Gaza dan memulai proses politik untuk penyelesaian damai yg menyeluruh sesuai dengan kesepakatan internasional yang telah diadopsi. Dalam kaitan ini, MUI sebagai mitra Pemerintah RI siap mendukung proses politik dimaksud, termasuk “Two-State Solution”.
  7. MUI mendukung semua elemen masyarakat Dunia untuk terus menyerukan suara hati nurani, melakukan tekanan publik dengan cara-cara yang beradab demi kemanusiaan dan kedaulatan.
  8. MUI mengutuk fitnah keji zionis Israel yang mengatakan Rumah Sakit Indonesia di Gaza adalah tempat persembunyian Hamas. Membombardir RS adalah extra ordinary crime yang harus diberi sanksi berat kepada Zionis Israel. Israel juga harus mengganti seluruh kerugisn yang diakibstkan oleh tindakan terror dan penghancuran masif (mass destruction)  Dan  pembunuhan massal (mass killing).

Pernyataan disampaikan oleh Prof. Dr. Sudarnoto Abdul Hakim (Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional) dan Buya Dr. Amirsyah Tambunan (Sekjen MUI). (R/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.