MUI Desak Selandia Baru Usut Kasus Penembakan Secara Brutal di Dua Masjid

Jakarta, MINA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengutuk keras penembakan secara brutal terhadap kaum muslim di Masjid Al Noor dan Masjid Linwood Selandia Baru usai menjalankan shalat Jumat.

Ketua MUI bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Muhyiddin Junaidi mendesak agar pemerintah Selandia Baru mengusut tuntas kasus tersebut tanpa pandang bulu.

“Para pelaku pembunuhan harus diajukan ke pengadilan tinggi dan bertanggung jawab penuh atas perbuatan biadab tersebut,” kata Muhyiddin dalam keterangan tertulis diterima MINA, di Jakarta, Jumat (15/3).

Ia meminta agar umat Islam meningkatkan kewaspadaan seraya menjaga persatuan dan kesatuan serta menghindari segala bentuk pelanggaran hukum.

Dua masjid di Deans Ave dan Linwood, Christchurch, Selandia Baru, menjadi sasaran penembakan brutal yang dilakukan sejumlah orang pada Jumat (15/3) siang.

Saat itu kedua rumah ibadah tersebut sedang diisi jamaah yang melaksanakan shalat Jumat. Puluhan orang meninggal dunia di lokasi kejadian.

Setidaknya 60 umat muslim menjadi korban penembakan brutal di dua masjid tersebut. Syafruddin mengajak seluruh umat muslim Indonesia dan juga pengurus masjid untuk mendoakan umat muslim yang menjadi korban.  (L/R03/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)