Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

MUI Gelar Forum Ukhuwah Islamiyah untuk Boikot Produk Pro-Israel

Arina Islami - Kamis, 1 Agustus 2024 - 00:40 WIB

Kamis, 1 Agustus 2024 - 00:40 WIB

65 Views

MUI gelar Forum Ukhuwah Islamiyah bertajuk "Ukhuwah Islamiyah dalam Polemik Afiliasi Israel" di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta Rabu, (31/7/2024). (Foto: MUI)

Jakarta, MINA – Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Komisi Ukhuwah Islamiyah mengadakan kegiatan Forum Ukhuwah Islamiyah untuk memboikot produk-produk pro-Israel.

Forum bertajuk “Ukhuwah Islamiyah dalam Polemik Afiliasi Israel” itu dihelat di Jakarta Rabu, (31/7).

Ketua MUI Bidang Fatwa, Prof Asrorun Niam, dalam menegaskan ukhuwah Islamiyah tidak hanya menjadi slogan, tetapi juga aksi nyata untuk kemaslahatan umat.

“Makna dari ukhuwah Islamiyah bukan sekadar bertemu, melainkan bagaimana mengimplementasikannya dalam tindakan-tindakan nyata sesuai dengan lingkup tanggung jawab kita,” ujarnya.

Baca Juga: Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Tinggi Abu Capai 300 Meter

Guru Besar UIN Jakarta itu juga menekankan bahwa setiap individu memiliki peran dalam mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina.

Asrorun mengajak masyarakat untuk menghindari segala bentuk kolaborasi dengan pihak-pihak yang mendukung penjajahan dan kejahatan kemanusiaan.

“Kalau kita pengusaha, kita harus memastikan bahwa aktivitas usaha kita tidak berkolaborasi dengan pihak-pihak yang mendukung penjajahan,” tambahnya.

Fatwa MUI No. 83 Tahun 2023, menegaskan dukungan terhadap perjuangan Palestina, termasuk seruan untuk memboikot produk-produk yang berafiliasi dengan Israel.

Baca Juga: Erick Tohir Ancam Sanksi Berat Pengatur Skor di PON Aceh-Sumut

Menurut keterangan tertulis MUI, hasil penelitian akademik menunjukkan bahwa fatwa itu efektif diikuti oleh lebih dari 98 persen responden, dengan dampak ekonomi yang signifikan.

“Beberapa merek yang terafiliasi dengan Israel mengalami penurunan drastis, sementara yang merasa tidak berafiliasi tetapi diboikot silakan klarifikasi kepada MUI, MUI tidak membiarkan situasi menghukum orang yang tidak salah,” ungkap Asrorun.

Dalam kesempatan ini, Asrorun juga menyoroti keputusan Ijtima Ulama Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Tahun 2024 yang menekankan prinsip hubungan antarbangsa yang menghormati martabat kemanusiaan.

“Ketika ada pengungsi atau kasus genosida, kita sebagai Muslim wajib hukumnya memberikan pertolongan dan pemihakan,” tegasnya.

Baca Juga: Libur Panjang, Jalur Puncak Macet Parah

Lebih lanjut, Asrorun menekankan pentingnya sosialisasi fatwa MUI secara kreatif kepada generasi muda.

“Sosialisasi kreatif di kalangan anak muda menjadi penting untuk mengidentifikasi dan menyampaikan substansi fatwa agar dapat dipahami dengan benar,” ujarnya

Forum Ukhuwah Islamiyah itu diharapkan menjadi wadah untuk memperkuat sinergi dan komitmen bersama dalam mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina dan menolak segala bentuk penjajahan serta tindakan kejahatan kemanusiaan.

“Pertemuan seperti ini menjadi penting walaupun belum ketemu ittifaqiyyah setidaknya ada tafahum, tidak muncul kualitas, apalagi kemudian terbangun satu narasi karena disebabkan oleh mispersepsi,” ujar Asrorun.

Baca Juga: Menag Bertemu Menhaj Saudi Bahas Persiapan Haji 2025

Melalui forum tersebut, MUI berharap dapat memperkuat ukhuwah Islamiyah dan meningkatkan kesadaran serta dukungan terhadap masyarakat perjuangan kemerdekaan Palestina.[]

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Kariska Jakarta Adakan Aksi Sosial di Gunung Kidul Yogyakarta

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia