MUI GELAR IJTIMA’ ULAMA PERTENGAHAN JUNI NANTI

Sekretaris KF) dan MUI), Asrorun Niam Sholeh (Foto : MUI)
Sekretaris KF) dan ), Asrorun Niam Sholeh (Foto : MUI)

Jakarta, 4 Jumadil Akhir 1436/24 Maret 2015 (MINA) – Majelis Indonesia (MUI) memiliki forum pembahasan, pengkajian dan penetapan masalah keagamaan strategis melalui Komisi Fatwa se-Indonesia.

Pada periode ini,  Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia akan diselenggarakan pada 13-15 Juni mendatang, demikian dikatakan Sekretaris Komisi Fatwa (KF) MUI, Asrorun Niam Sholeh.

“Untuk periode ini, MUI kembali akan menyelenggarakan Ijtima’ Ulama yang telah ditetapkan, insya Allah akan dilangsungkan pada 13-15 Juni 2015 di Tegal, Jawa Tengah,” kata Asrorun Niam Sholeh, demikian siaran pers MUI yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa.

Dia menjelaskan, Forum itu diselenggarakan setiap tiga tahun sekali, dengan melibatkan para pimpinan dan anggota KF-MUI se-Indonesia, seluruh pimpinan lembaga fatwa Ormas-ormas dari Tingkat Pusat seperti Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Al-Wasliyah, Persis, PUI.

Termasuk juga para ahli hukum Islam dari Pesantren, dan Perguruan Tinggi Agama Islam, tambah Niam.

Fatwa Perkembangan Produk Halal

Asrorun Niam Sholeh menambahkan, MUI masih melakukan inventarisasi dan mempersiapkan naskah akademik masalah yang akan dibahas di Forum Ijtima’ Ulama tersebut. Secara garis besar, ada tiga bidang utama yang akan dibahas dalam form Ijtima’ Ulama itu.

Masail Asasiyah Wathoniyah (masalah politik kebangsaan), Masail Diniyyah Waqi’iyyah (Masalah Keagamaan Kontemporer), dan Masail Qonuniyyah (Masalah peraturan dan perundang-undangan).

Termasuk juga membahas fatwa-fatwa terkait perkembangan produk halal dan barang gunaan, yang telah banyak pula dipertanyakan umat.

Sebab, dinamika perkembangan ilmu dan teknologi di bidang itu berlangsung sangat pesat. Sehingga banyak masalah yang mengemuka dan perlu dijawab, guna memenuhi kebutuhan umat dalam aspek yang sangat dibutuhkan sehari-hari ini.(T/P002/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0