MUI Gelar Pesantren Ramadhan 1443H

Ketua Komisi Pendidikan dan Kaderisasi MUI Prof. Dr. Armai Arief, M.A..(Foto: TV MUI)

Jakarta, MINA – Majelis Ulama Indonesia () melalui Komisi Pendidikan dan Kaderisasi menggelar Pesantren 1443H selama tiga hari secara daring pada Jumat-Ahad (15-17/4).

Ketua Komisi Pendidikan dan Kaderisasi MUI Prof. Dr. Armai Arief, M.A., mengharapkan dengan kegiatan ini MUI turut berkontribusi membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

“Kita ingin membangun SDM unggul, yaitu membangun manusia beriman, bertakwa, berahlak mulia, berilmu, cinta tanah air dan bertanggung jawab terhadap tanah air dan bangsa,” kata Prof Armai Arief saat menyampaikan sambutan pada pembukaan 1443 H, Jumat (15/4).

Menurutnya, kegiatan pesantren kilat bagi remaja Indonesia ini akan diarahkan sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional. Menurut UU No.20 tahun 2003 Pasal 3, tujuan pendidikan nasional berbunyi:

“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

Selaras dengan yang disampaikan Prof Armai Arief, Ketua pelaksana kegiatan Pesantren Ramadhan 1443 H, Titin Martinah menyampaikan bahwa maksud dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan iman dan takwa generasi muda.

“Kegiatan ini memiliki tiga tujuan. Pertama, meningkatkan kecintaan pemuda terhadap Islam wasathiyah. Kedua, menumbuhkan kesadaran pemuda dalam menyikapi masuknya budaya asing yang bertentangan dengan Islam. Ketiga, membangun pribadi muslim beriman, berahlak mulia dan bertakwa,” ungkapnya.

Dalam penyelenggaraannya, kegiatan Pesantren Ramadhan yang melibatkan peserta dari siswa/i SMP/MTs, siswa/i SMU/SMK/MA, mahasiswa/i, dan pengurus ormas kepemudaan Islam ini berkolaborasi dengan ESQ (Emotional, Spiritual, Quotient) Leadership Center di bawah pimpinan Ary Ginanjar Agustian.(R/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.