MUI: Idul Fitri Momentum Silaturahmi Bagi Seluruh Umat Islam

Jakarta, MINA – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Ma’ruf Amin mengatakan perayaan Hari Raya Idul Fitri yang diprediksi  pada Jumat (15/6) dapat menjadi momentum silaturahmi bagi umat Islam seluruh Indonesia.

“Kita berharap lebaran ini menjadi momentum tali silaturahim bagi umat Islam semuanya,” katanya dalam jumpa media di kantor MUI, Jakarta Pusat, Selasa (12/6).

Pada momentum Idul Fitri ini, ia mengajak kepada seluruh umat Islam di Indonesia untuk  menjaga kohesi sosial, perdamaian, memperkuat dan mengokohkan kembali ikatan dan hubungan antar sesama manusia.

“Jadikan lebaran ini untuk mempererat tali silaturahim. Menghilangkan adanya kesalahpahaman, pada momentum ini kita ajak agar tidak adanya kesalah pahamanan, tidak lagi ada suasana caci maki, hingga terbangunnya suasana interval, perdamaian” ujarnya.

Setelah menjalani serangkaian ibadah selama bulan Ramadhan, MUI mengajak seluruh umat dapat lebih meningkatkan kepatuhannya terhadap ajaran Islam dan kepeduliannya terhadap sesama terutama kepada kaum dhuafa, fakir-miskin dan anak yatim-piatu, dengan mengeluarkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf.

“MUI menghimbau agar dalam pembagian zakat, infak dan sedekah dilakukan perencanaan secara baik dan benar dan diperlukan dikoordinasikan dengan aparat keamanan terkait, sehingga tidak menimbulkan dampak negatif yang tidak diinginkan,” jelasnya.

MUI juga mengingatkan kepada masyarakat, khususnya saat menggunakan media sosial untuk tidak menyebarkan informasi yang berisi kebohongan (hoax), ghibah, fitnah, namimah, aib, ujaran kebencian, dan hal-hal sejenis yang tidak layak disebarkan kepada khalayak.

“Mengucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018 M kepada seluruh umat Islam di Indonesia, teriring doa semoga semua amal ibadah selama Ramadhan diterima oleh Allah Ta’ala, taqabbalallahu minna wa minkum, kullu ‘am wa antum bikhair. Mohon maaf lahir dan batin,” ucapnya.(L/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)