MUI Kab Bogor Minta Lulusan Tahfidz Bermanfaat di Masyarakat

Kabupaten Bogor, (MINA) – Majelis Ulama Indonesia () Kabupaten Bogor Jawa Barat berharap para wisudawan Tahfidz Al-Qur’an Angkatan II dapat memanfaatkan ilmunya di tengah masyarakat.

“Mudah-mudahan hafalan dan ilmunya bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bogor,” kata Ketua Bidang dan Pengkaderan MUI Kabupaten Bogor, Saepudin Muhtar alias Gus Udin usai wisuda Tahfiz Al-Qur’an Angkatan II di Cibinong, Bogor, Selasa (13/12).

Menurutnya, para penghafal Al Qur’an tidak hanya dituntut mempertahankan hafalannya, melainkan juga harus mampu mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

“Yang berat itu bukan menghafalnya, tapi menjaga hafalan dan mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari dalam Al Qur’an itu,” paparnya.

Gus Udin yang juga merupakan dosen di Universitas Djuanda berpesan kepada para wisudawan agar bisa membantu Pemerintah Kabupaten Bogor, khususnya menyukseskan program-program Karsa Bogor Berkeadaban.

Baca Juga:  Hardiknas 2024. Menag Dukung Program Merdeka Belajar yang Digagas Pemerintah

“Salah satu visi-misi Pemerintah Kabupaten Bogor Tahun 2018-2023 adalah Bogor Berkeadaban. Dengan semakin banyaknya para penghafal Al Qur’an, mudah-mudahan apa yang dicita-citakan kita semua bisa terealisasi,” ungkap Gus Udin.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan, Program Tahfiz Al-Qur’an di Kabupaten Bogor memiliki target mencetak 1.000 hafiz pada periode 2018-2023.

“Kami senantiasa berupaya menciptakan situasi yang kondusif bagi peningkatan syiar  Islam, untuk mendorong terciptanya kesalehan sosial masyarakat serta tercapainya Karsa Bogor Berkeadaban,” kata Burhan.

Pada tahun 2021, Pemkab Bogor telah melakukan wisuda terhadap 300 peserta Tahfiz Al-Qur’an, kemudian tahun 2022, kembali mewisuda 350 peserta. Sedangkan tahun 2023, Pemkab Bogor akan membina 350 orang peserta Tahfiz Al-Qur’an.

Baca Juga:  Al-Fatah Rescue Beri Pembekalan Bantuan Hidup Dasar di SDI As-Shafa Depok

“Semoga tujuan mulia mencetak para hafidz dan hafidzah yang kelak menjadi pemimpin yang adil, memakmurkan agama dan menyejahterakan umat dapat sama-sama kita capai,” tuturnya. (R/R4)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.