MUI Padang Siap Bantu Pembuatan Film Buya Hamka

Padang, MINA — Pembuatan film ulama besar Buya Hamka atau lengkapnya Haji Abdul Malik Karim Amrullah yang juga Ketua Umum pertama Majlis Ulama Indonesia (MUI), disambut baik oleh MUI Kota Padang.

Ketua Umum MUI Kota Padang, Duski Samad saat dihubungi mengapresiasi sineas yang akan mengangkat sosok ulama kenamaan asli Minangkabau tersebut.

“Kita sangat mendukung dan menyambut baik rencana tersebut,” sebutnya, Rabu (27/3).

Radio dan TV Silaturahim (Rasil) sebagai media dakwah bersama dengan tim sebelumnya telah mengampanyekan pembuatan film tersebut. Direktur Rasil, Faried Thalib mengatakan sosok Buya Hamka merupakan tokoh bangsa yang sangat menginspirasi dalam perjalan dakwah nusantara.

Bahkan pihaknya menilai, rencana tersebut agak terlambat karena kapasitas Buya Hamka tidak hanya ulama tapi juga tokoh bangsa, politisi, budayawan, cendekiawan, wartawan dan sastrawan.

“Sosok Buya Hamka tidak hanya harum di negara sendiri bahkan sampai negeri seberang, dan saya merasakan sekali hal tersebut,” ungkapnya.

Duski Samad mengatakan, MUI Padang berpesan dalam mengangkat sosok Buya Hamka ada sejumlah hal yang tidak boleh terlupakan.

“Paling penting yang harus dipahami para sineas adalah sosok Buya Hamka itu sendiri seperti identik dengan peci hitam, menggunakan sorban. Buya juga merupakan ulama yang moderat dalam pikiran dan bergaul dengan semua kalangan,” ujarnya.

Nantinya film sosok Buya Hamka ini, menurutnya, perlu ditonton para pelajar dan generasi muda, sebagai calon-calon pemimpin nasional.

“Jika jadi, maka akan sangat bermanfaat bagi masyarakat karena akan memberikan pencerahan, pendidikan dan juga berbagai pengalaman hidup seorang ulama,” ungkapnya.(R/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)