MUI Surati Biden Tentang Palestina

Jakarta, MINA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengirim surat secara resmi kepada Presiden Amerika Serikat , Joe Biden  sehubungan dengan tragedi kemanusiaan dan kesengsaraan panjang yang menimpa rakyat dan bangsa Palestina sebagai akibat dari tindakan brutal militer dan pendudukan Israel.

Dalam keterangan tertulis yang diterima MINA pada Selasa (8/6), surat yang ditanda tangani langsung oleh Ketua Umum MUI KH. Miftahul Akhyar dan Sekjen MUI KH. Amirsyah Tambunan ini sengaja disampaikan kepada Presiden Amerika, mengingat pemerintah AS dalam waktu yang panjang senantiasa memposisikan dirinya sebagai pembela dan pendukung Israel.

MUI berharap dengan surat ini, Joe Biden yang sempat menyampaikan empatinya kepada Islam dan umat Islam dan secara khusus kepada Palestina, terketuk hati kemanusiaannya untuk melakukan langkah-langkah yang jauh lebih konstruktif untuk kemerdekaan bangsa Palestina dan menciptakan perdamaian di kawasan Timur Tengah dan perdamaian dunia.

“Pasca genjatan senjata, haruslah menjadi momentum penting bagi Amerika untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Amerika sungguh-sungguh akan mendorong terwujudnya kemerdekaan Palestina,” ujar MUI dalam keterangannya.

MUI mengatakan, tindakan brutal militer Israel terhadap Masjid Al-Aqsha dan rakyat Palestina pada bulan suci Ramadhan yang baru lalu merupakan terror yang sangat keji yang seharusnya tidak sekedar dikutuk, akan tetapi harus dihentikan dan dilawan.

MUI juga mengingatkan kepada Biden bahwa sesudah terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat, Biden menyampaikan pidato yang sangat penting berjudul “America’s Place in the World” tanggal 4 Februari 2021.

Dengan sangat meyakinkan, Biden menegaskan sikap kepemimpinan Amerika melawan Otoritarianisme (kedholiman).

“Janji Preseiden harus ditepati, jangan dikhianati,” tegas MUI.

MUI dalam suratanya juga menyatakan kekecewaan mendalam rakyat dan bangsa Indonesia karena pada kenyataannya Biden tidak memberikan reaksi menekan Israel untuk menghentikan tindakan-tindakan terror dan kejahatan terhadap rakyat Palestina selama bulan Ramadhan.

MUI mengatakan, sebagai kekuatan masyarakat sipil di Indonesia, MUI siap bekerjasama dengan Pemerintah Amerika maupun kekuatan sipil lintas agama di Amerika dan seluruh dunia, dalam upaya mewujudkan penyelesaian damai Israel-Palestina secara adil dan bermartabat, serta penyelesaian konflik di berbagai kawasan yang banyak berpenduduk muslim.

Secara khusus, MUI juga menyerukan agar Biden berada di garda terdepan mendorong agar Israel diberi sanksi internasional atas kekejaman yang dilakukan selama ini, sebagaimana Amerika telah menghukum siapa saja yang telah dianggap teroris selama ini. Keadilan harus benar-benar ditegakkan secara global dan Amerika saat ini berpeluang besar untuk memainkan peran strategis ini. (R/R7/P1

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.