AS MULAI LATIH PASUKAN MODERAT SURIAH MARET 2015

Pasukan oposisi Suriah moderat dari Tentara Suriah Merdeka (FSA). (Foto: AFP)
Pasukan moderat dari Tentara Suriah Merdeka (FSA). (Foto: AFP)

Washington, 18 Safar 1436/11 Desember 2014 (MINA) – Pelatihan pasukan moderat Suriah untuk melawan kelompok pejuang Islamic State atau , akan dimulai Maret 2015, seorang pejabat (AS) mengatakan Kamis (11/12).

Brett H. McGurk, wakil utusan untuk Koalisi Anti-ISIS pimpinan AS, mengatakan di depan Komite Urusan Luar Negeri AS, ada 5.000 pejuang oposisi moderat Suriah akan dilatih setiap tahun, Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

McGurk mengatakan, pelatihan pasukan itu hanya sebagian kecil dari strategi AS secara keseluruhan untuk memerangi ISIS, tetapi mendukung pemerintah Irak melawan kelompok pimpinan Abu Bakr Al-Baghdadi itu juga penting.

“Ini adalah kampanye multi-tahun. Tahap satu adalah Irak. Apa yang kami lakukan di Suriah sekarang adalah menurunkan kapasitas ISIS,” kata McGurk.

“Upaya untuk menghentikan perkembangan ISIS ini telah berhasil, tetapi fase kemunduran akan makan waktu ebih lama, dan kemajuan cenderung tidak merata,” tambahnya.

ISIS telah menguasai sebagian besar wilayah di Irak dan Suriah, di mana meeka mendeklarasikannya sebagai Negara Islam atau Khalifah Islam lintas batas yang memerangi berbagai etnis dan kelompok yang tidak sepaham dengan ajaran yang mereka yakini.

Menurut statistik resmi, AS dan negara-negara mitra telah melakukan lebih dari 1.200 serangan udara terhadap basis ISIS di Irak dan Suriah sejak operasi dimulai pada Agustus lalu. (T/P001/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0