Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Murid MAN Model Singkawang, Pembentang Bendera Pusaka di Istana

Fauziah Al Hakim - Jumat, 19 Agustus 2016 - 12:56 WIB

Jumat, 19 Agustus 2016 - 12:56 WIB

705 Views ㅤ

Jakarta, 16 Dzulqa’dah 1437/19 Agustus 2016 (MINA) – Peringatan HUT RI ke-71 kali ini terasa luar biasa dikarenakan satu murid Madrasah ikut andil dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2016. Murid itu bernama Muhammad Akbar, murid kelas dua Aliyah dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Singkawang Kalimantan Barat. Ia satu-satunya murid dari madrasah.

Dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tersebut, Akbar menempati salah satu posisi inti dari tiga posisi yaitu pembentang Bendera Pusaka. Sebagaimana diketahui, ada tiga petugas mengibarkan bendera pusaka, Pengerek, Pembawa, dan Pembentang. Demikian laporan laman resmi Pendis Kemenag yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Muhammad Akbar merupakan murid yang bertubuh tinggi, tegap dan aktif dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler dan berbagai ajang kegiatan lainya. Ia aktif mengikuti Pramuka dan Volley Ball. Berkaitan dengan prestasinya yang sekarang, justru Akbar pernah sangat tidak suka denga hal-hal yang berkaitan dengan Paskibraka.

“Waktu itu lagi main voli, tiba-tiba kakak senior Paskibra di sekolah menghampiri dan menyuruh gabung ke ekskul itu. Nggak mau tapi dia terus memaksa, akhirnya mau juga,” kata Akbar.

Baca Juga: Update Gempa Garut, Ribuan Rumah, Puluhan Tempat Ibadah Rusak

Untuk sampai menjadi Paskibraka Nasioanal 2016 ini, anak dari Mulyadi dan Delina asal Mempawah ini mengikuti tes mulai dari Sekolah, ditingkat Kota Singkawang, tingkat Propinsi Kalimantan Barat dan akhirnya bisa terpilih pada tingkat nasional mewakili Kalimantan Barat bersama satu temannya dari SMAN 1 Pontianak. Bahkan ia telah masuk seleksi dua kali pada tahun 2015 dan 2016 ini.

Pada proses seleksi di tingkat nasional, 21 Juli – 25 Juli 2016 lalu dalam pantaun PENDIS, ada 138 peserta yang diseleksi. Yang tidak lolos sebanyak 68 orang dikembalikan ke provinsi masing-masing.

Mengenai keterlibatan dan posisi Muhammad Akbar sebagai anggota Paskibraka di tingkat nasional ini menurut pelatih dan pembina dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Singkawang, Arifin, belum bisa dipastikan sebelumnya apalagi pada saat di karantina di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta.

“Karena biasanya, untuk di tingkat nasional itu, tepat pada pukul 05.00 wib tanggal 17 Agustus, baru diumumkan penugasan masing-masing,” ujarnya. (T/P006/R02)

Baca Juga: BRIN bersama MAB-UNESCO Indonesia Finalisasi Tinjauan Berkala Tujuh Cagar Biosfer

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Baca Juga: Datangkan Instruktur Perancis, Ukhuwah Al-Fatah Rescue Gelar Pelatihan Urban SAR

Rekomendasi untuk Anda

MINA Millenia
Ramadhan 1445 H
Indonesia
Indonesia
Indonesia
MINA Preneur
MINA Preneur
MINA Health
MINA Health