Musabaqah Tilawatil Quran Nasional 2016 Terapkan e-MTQ

Jakarta, 24 Sya’ban 1437/1 Juni 2016 (MINA) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Nasional (MTQN) XXVI di tahun ini menggunakan sistem berbeda dari tahun sebelumnya.

“Untuk yang pertama kalinya, MTQ tahun ini dilaksanakan  secara elektronik. Semoga semua ini bisa berjalan dengan baik,” ujar Lukman saat Rapat Koordinasi di Kantor Kemenag Jakarta, Selasa (31/5).

Dalam rakor tersebut juga dilakukan peresmian logo MTQ ke-XXVI yang akan dilaksanakan pada 28 Juli – 7 Agustus 2016 di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Menag menyatakan hadirnya e-MTQ ini bertujuan mewujudkan transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraaan lomba, sebab selain sebagai syiar Islam, MTQ juga menjadi ajang silaturahim antar masyarakat Indonesia.

Dalam rakor itu Gubernur Nusa Tenggara Barat, TGH. Zainul Majdi mengatakan, seluruh jajaran pemerintahan bersama masyarakat NTB siap mensukseskan penyelenggaraan MTQN XXVI.

Menurutnya, event dua tahunan ini juga akan disambut dengan hangat dalam semangat kerukunan. Seluruh elemen masyarakat NTB dari berbagai agama dan suku siap menyambut para kafilah.

“Kami siap mensukseskan MTQN XXVI. Ini komitmen bersama seluruh masyarakat NTB. Bahkan kami telah menerima komitmen dari para pecalang dan pemuda-pemuda berbagai agama di NTB untuk menjadi bagian dari suksesnya event besar ini,” tambahnya.

Gubernur yang juga alumni Universitas Al-Azhar, Mesir, menambahkan, guna memeriahkan momen MTQN XXVI, akan diselenggarakan konferensi internasional bekerjasama dengan Rabithah Ma’ahid Islamiyyah dengan mengambil tema Menguatkan Moderasi Islam. Dijadwalkan, sebanyak 300 delegasi luar negeri akan hadir dalam event tersebut.

Gubernur NTB melaporkan, persiapan Penyelenggaraan MTQN XXVI di NTB  pada 28 Juli – 7 Agustus 2016 secara teknis  telah mencapai 90%. Pemerintah NTB sebagai tuan rumah juga telah menyiapkan berbagai infrastruktur demi lancarnya penyelenggaraan event dua tahunan ini.

Sebanyak 7 cabang dan 18 golongan, akan memeriahkan event MTQ dua tahunan ini. Terdapat 1 (satu) lomba baru pada gelaran MTQN tahun ini, yaitu Khat Kontemporer yang sebelumnya telah dieksibisikan pada MTQ XXV tahun 2014 di Kota Batam Kepri.

Lebih dari 6.000 orang akan memeriahkan event akbar ini. (L/M09/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)