Muslim Australia Selenggarakan Workshop Pemahaman Islam

Workshop di AustraliaQueensland, 24 Jumadil Awwal 1437/3 Maret 2016 MINA (MINA) – Komunitas Muslim di Bundaberg, Queensland baru-baru ini menggelar lokakarya perdananya untuk membantu mendidik masyarakat luas tentang agama Islam, demikian harian lokal , ABC melaporkan.

Lokakarya ini menawarkan wawasan yang mendalam atas keyakinan Islam, memberikan informasi mengenai topik-topik seperti Al-Qur’an, Sunnah dan Hukum Syariah, peran perempuan dalam Islam, serta jihad dan terorisme.

Workshop juga memberikan peserta kesempatan untuk bertemu dan berdiskusi dengan anggota komunitas Islam serta mendengar paparan dari pembicara Heidi Seyrekbasan, demikian seperti dikutip Miraj Islamic News Agency/MINA).

Seorang penduduk Bundaberg, Seyrekbasan mengatakan, tujuan lokakarya ini untuk meningkatkan pemahaman tentang apa sebenarnya Islam itu, guna menghilangkan anggapan yang keliru dan menghilangkan stereotip.

Ketakutan akan terorisme terus berulang dari hari ke hari dan menurut Seyrekbasan, ada kebutuhan untuk menjauh dari stereotip bahwa setiap manusia Timur Tengah, atau wanita berjilbab, berpotensi sebagai teroris.

“Ada umat Islam di seluruh Australia di setiap komunitas dan Anda harus menyadari bahwa mereka bukan ancaman bagi negara ini, karena kqmi juga hidup di negara ini,” katanya.

Dia menyebutkan, ketidaktahuan tentang Islam datang dari orang-orang yang belum pernah bertemu seorang Muslim dan ketakutan dikalangan warga Australia baik muslim maupun non muslim, dibesar-besarkan. “Untuk mengalahkan terorisme kita perlu mendidik diri dan masyarakat kita.”

Seyrekbasan mengatakan banyak keyakinan dan terminologi Islam difahami secara salah di media, termasuk konsep halal dan jihad. “Jihad senarnya lebih dari sebuah perjuangan pribadi.”

Acara itu juga membahas mitos yang umum tentang muslim, seperti penindasan terhadap perempuan. Dia mendorong semua warga Australia untuk benar-benar memahami apa ang diajarkan agama Islam. “Bicaralah dengan orang muslim, karena Anda akan menemukan bahwa seperti yang Anda fikir,”katanya.

Dia memperkirakan, jumlah muslim yang tinggal di Bundaberg sekitar 100 orang dan itu adalah komunitas yang sangat beragam, mulai dari orang-orang dari Turki, Pakistan, India, Afrika Selatan, Bangladesh hingga Indonesia. (T/P005/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Admin

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.