Muslim di Inggris Inisiasi Kampanye Kesadaran Perubahan Iklim

Sumber Foto: Twitter

Glasgow, MINA – Komunitas memimpin beberapa inisiatif untuk meningkatkan kesadaran tentang dan juga meluncurkan kampanye pelestarian lingkungan.

Seperti dikutip dari AboutIslam, Rabu (10/11), anggota Islamic Relief UK bermitra dengan kelompok hiking Boots & Beards Skotlandia memberi perhatian pada perlunya tindakan yang lebih besar dalam memerangi perubahan iklim.

Acara yang diluncurkan selama PBB (COP26), diantaranya yakni berjalan kaki sejauh delapan kilometer di Whitelee Wind Farm yaitu ladang angin darat terbesar di Eropa.

“Pagi ini, Islamic Relief bergabung dengan @BootsandBeards untuk berjalan-jalan ke Whitelee Wind Farm, ladang angin terbesar di Skotlandia, memberi daya hingga 300.000 rumah!” tulis Islamic Relief di Twitter.

“Kami menyoroti pentingnya energi terbarukan, cara mengurangi emisi dan apa yang dapat kami lakukan untuk memerangi #ClimateChange,” tambahnya.

Dalam upaya lain, anggota badan amal Islam bergabung dengan ribuan orang dalam pawai untuk menyerukan kesadaran aksi iklim.

“Islamic Relief dan ribuan lainnya akan berbaris sebagai bagian dari Hari Aksi Global Koalisi #COP26 untuk Keadilan Iklim. Kami akan menyerukan aksi iklim yang lebih besar,” tulis Islamic Relief.

Selaim itu pada akhir pekan lalu, Masjid Pusat Glasgow, Skotlandia mengimplementasikan solarisasi untuk mengurangi emisinya. Inisiatif yang didanai oleh organisasi bantuan Islamic Relief akan memasang 130 panel surya dengan tujuan mengurangi sekitar 18.000 kg emisi CO2 per tahun.

Kelestarian lingkungan sangat penting dalam Islam. Dengan demikian, melestarikan lingkungan dalam perspektif Islam didasarkan pada penghormatan terhadap hubungan antara diri sendiri dengan Allah, dan ciptaan Allah. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.