MUSLIM FINLANDIA TINGKATKAN KESADARAN PENTINGNYA HIJAB

muslim-firlandia-ONISLAM

muslim-firlandia-ONISLAMHelsinki, 28 Rajab 1435/27 Mei 2014 (MINA)- Sekelompok perempuan Muslim mulai membuat sebuah proyek baru untuk menghapus kesalahpahaman seputar dan memberi pengarahan mengenai wanita Muslim yang diharapkan dapat mempertahankan identitasnya.

“Kami menyebutnya ‘Northern Hijabees” dan kami berkumpul dari seluruh penjuru dunia,” kata Kochar Mahmudi (26/5), sebagaimana dilaporkan Onislam, yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Anggota kami terdiri dari 24, usianya diantara 15-29 tahun dan kami datang dari latar belakan yang berbeda,” katanya.

Perkumpulan wanita Muslim Finlandia secara aktif telah mengadakan berbagai acara, diataranya olahraga, acara di bulan Ramadan, dan lain sebagainya.

Banyak wanita-wanita yang bertanya seputar Hijab, apakah mereka tidur, tersenyum atau bahkan mandi dengan mengenakan hijab mereka.

Menghadapi reaksi diskriminatif, mereka kadang-kadang lebih memilih tindakan untuk menjelaskan hakikat hijab bagi perempuan Muslim. Mengenai hal itu, perempuan Muslim Finlandia membuat proyek yang disebut “Hijabiski.”

Hijabiski adalah kombinasi dari kata “hijab” dan “-iksi”, gabungan dua kata tersebut merupakan sebutan bagi seseorang yang yang memakai hijab.

Proyek Hijabiksi bertujuan mematahkan prasangka buruk terhadap Hijab dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Hijab itu sendiri.

“Semuanya berawal ketika karyawan dari Pusat Mobility International ( Cimo ), sebuah lembaga sebagian didanai oleh pemerintah, yang meelihat peran aktif kami di komunitas Finlandia,” kata Mahmudi.

Langkah pertamanya, mereka mengatur sesi pelatihan dengan Cimo, yang membahas mengenai kedudukan perempuan Muslim di kota mereka, Turku. Setelah itu mereka membuat proyek Hijabiksi, yang dirilis pada November 2013.

Sekitar 40-45 ribu Muslim dari 5,2 juta penduduk Finlandia. Islam diperkenalkan ke Firlandia oleh Baltic Tatar di akhir abad ke-19.(T/Nidiya)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

http://onislam.net/english/news/europe/472915-finnish-muslims-raise-hijab-awareness.html

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0