Negara-negara OKI Apresiasi Indonesia Tangani Masalah Rohingya

(Kemlu)

New York, 1 Rabi’ul Akhir 1438/31 Desember 2016 (MINA) – Perwakilan negara-negara OKI di New York menyampaikan apresiasi atas langkah-langkah konstruktif dan pendekatan inklusif Pemerintah RI terhadap upaya penyelesaian masalah di Rakhine State, Myanmar.

Dalam berbagai kesempatan baru-baru ini, termasuk dalam pertemuan terakhir OKI di New York pada 29 Desember 2016, Perwakilan Negara-Negara OKI di New York telah menyampaikan apresiasi tinggi mereka atas langkah-langkah konstruktif yang telah dan akan diambil Indonesia, demikian keterangan pers Kemlu yang diterima MINA, Sabtu.

Perwakilan Negara-Negara OKI di New York menyampaikan apresiasinya untuk Indonesia atas pertemuan dan diplomasi ulang alik (shuttle diplomacy) yang dilakukan Menlu RI dengan berbagai pihak terkait termasuk pertemuan langsung dengan pimpinan Myanmar Aung San Suu Kyi, serta kunjungan menemui PM Bangladesh dalam rangka membantu untuk membangun kepercayaan dan memperkuat constructive engagement dengan Pemerintah Myanmar.

Menlu RI juga disebut memegang peranan kunci atas terselenggarakannya ASEAN Foreign Ministers Retreat dengan berdiskusi dengan ASSK tanggal 19 Desember 2016 di Yangon.

Lebih lanjut, apresiasi juga diberikan atas bantuan kemanusiaan Indonesia selama ini kepada Rakhine State, khususnya kelompok minoritas Muslim, termasuk bantuan kemanusiaan terakhir yang dilepas oleh Presiden RI pada 29 Desember 2016 berupa pengiriman 10 kontainer bantuan kemanusiaan bagi penduduk Rohingya serta berbagai bantuan Indonesia sebelumnya seperti pembangunan sejumlah rumah sakit dan sekolah.

Perwakilan Negara-Negara OKI menyambut baik tawaran Pemerintah RI untuk menjadi jembatan bagi komunikasi konstruktif OKI dengan Pemerintah Myanmar. (T/R01/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)