Negara-negara Sekutu Menentang AS di PBB

Sidang Umum PBB. (Foto: HRW.org)

 

New York, MINA – Negara-negara sekutu bersama-sama menentang Amerika Serikat (AS) dalam voting sidang darurat khusus Majelis Umum PBB tentang Yerusalem, Kamis (21/12).

Termasuk negara-negara sekutu AS memberikan suara menyetujui Resolusi PBB yang menentang keputusan Presiden AS Donald Trump tentang pengakuannya atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Selain Israel dan Amerika Serikat yang menolak resolusi tersebut, beberapa negara-negara besar sekutu AS malah berseberangan, justru menyetujui resolusi PBB.

Sekutu yang menentang AS tersebut di antaranya Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, Austria, Belgia, Denmar, Portugal, dan Italia. Negara besar lainnya adalah Rusia dan Cina.

Beberapa negara di luar itu yang menyepakati resolusi yaitu India dan Singapura, termasuk seluruh negara-negara Liga Arab dan OKI.

Hanya beberapa negara kecil yang menolak resolusi bersama AS dan Israel, yaitu Togo, Palau, Kepulauan Marshal, Mikronesia, Honduras, Guatemala. YNet melaporkan.

Ada pun beberapa negara yang abstain, alias tidak memilih di antaranya: Filipina, Australia, Argentina, Bosnia-Herzegovina, Kamerun, Republik Czech, Meksiko, Paraguay, Polandia, dan Hungaria.

Majelis Umum PBB mengeluarkan resolusi yang menentang keputusan AS tentang Yerusalem. Voting menghasilkan 128 negara setuju, sembilan menolak, 35 abstain dan sejumlah 21 lainnya tidak hadir. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)