Netanyahu: Kabinet Perang Israel Akan Setujui Serangan Darat ke Rafah Pekan Depan

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu (2 kanan) memimpin rapat Kabinet di Kirya, yang menampung Kementerian Pertahanan Israel, di Tel Aviv pada 17 Desember 2023. (Photo: MENAHEM KAHANA/POOL/AFP via Getty Images)

Tel Aviv, MINA – Perdana Menteri Israel, mengatakan ia akan menyetujui awal pekan depan untuk “rencana operasi serangan darat” ke Rafah, sebuah kota di Jalur Gaza selatan yang menampung lebih dari 1 juta warga Palestina yang mengungsi. Demikian dikutip dari MEMO, Senin, (26/2).

“Pada awal pekan ini, saya akan bertemu dengan Kabinet Perang untuk menyetujui rencana operasional di Rafah, termasuk evakuasi warga sipil,” kata Netanyahu dalam konferensi pers.

Selama berminggu-minggu, ancaman Israel untuk melancarkan operasi darat di Rafah, yang berbatasan dengan Mesir, telah meningkat meskipun ada peringatan regional dan internasional mengenai potensi konsekuensi bencana.

Netanyahu menambahkan, “kami sedang berupaya untuk mencapai kerangka kerja lain untuk pembebasan sandera kami, serta penyelesaian penghapusan batalion Hamas di Rafah,” mengacu pada kelompok perlawanan Palestina yang berbasis di Gaza.

“Itulah sebabnya saya mengirimkan delegasi ke Paris dan malam ini kita akan membahas langkah perundingan selanjutnya,” ujarnya.

Pembicaraan mengenai kesepakatan pertukaran tahanan antara pendudukan Israel dan Hamas dimulai Jum’at di Paris dengan delegasi Israel yang dipimpin oleh kepala Mossad David Barnea, Direktur CIA William Burns, Perdana Menteri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al Thani, dan kepala intelijen Mesir Abbas Kamel.

Media Israel melaporkan pada Sabtu bahwa tim Israel telah kembali dari Paris dan berbicara tentang “negosiasi yang baik dan suasana positif.”

Harian Israel, Yedioth Ahronoth mengutip informasi dari pejabat yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa perundingan itu “baik, bahkan berlangsung lebih lama dari yang direncanakan,” meskipun masih ada hal yang perlu dibahas.

Pembicaraan tersebut berfokus pada empat tuntutan Hamas yang ditentang Tel Aviv, termasuk pemulangan seluruh penduduk Jalur Gaza utara dan evakuasi seluruh pasukan tentara Israel dari wilayah tersebut, menurut otoritas penyiaran resmi Israel.

Ada tiga “masalah kontroversial” lagi, lapornya, termasuk peningkatan bantuan kemanusiaan, durasi , dan jumlah tahanan Palestina yang akan dibebaskan.

Gencatan senjata sebelumnya antara Hamas dan Israel telah berlangsung selama seminggu dari tanggal 24 November hingga 1 Desember, di mana para tahanan ditukar, dan bantuan kemanusiaan mulai mengalir ke wilayah kantong yang terkepung. Hal ini telah dimediasi oleh Qatar, Mesir, dan Amerika Serikat.

Tel Aviv memperkirakan ada sekitar 134 sandera Israel di Gaza, sementara mereka menahan setidaknya 8.800 warga Palestina di penjara mereka, menurut sumber resmi dari kedua belah pihak.

Kota Rafah menjadi saksi kedatangan pengungsi dalam jumlah besar karena menampung setidaknya 1,4 juta warga Palestina, termasuk lebih dari satu juta pengungsi yang melarikan diri ke kota tersebut akibat operasi militer pendudukan Israel di bagian utara dan tengah Jalur Gaza, dan mengklaim kota tersebut sebagai “tempat yang aman”. (T/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.