Netanyahu Umumkan Pembangunan 2.200 Unit Permukiman Baru di Yerusalem Timur

Yerusalem, MINA – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Kamis (20/2) mengumumkan pembangunan 2.200 unit pemukiman baru di dekat Yerusalem Timur.

“Hari ini saya punya berita besar, karena kami ingin menambah 2.200 unit rumah baru ke lingkungan Har Homa (sebuah pemukiman yang dibangun di Jabal Abu Ghneim) yang terletak di belakang saya, (Yerusalem)” kata Netanyahu dalam sebuah video seperti dikutip alquds.co.uk.

Pengumuman itu ia umumkan kurang dari dua minggu sebelum pemilihan umum memilih anggota legislatif.

Netanyahu juga mengumumkan persetujuan untuk membangun lingkungan baru yang mencakup beberapa ribu rumah di suatu daerah.

Mengutip Jerusalem Post, pengumuman itu diumumkan Netanyahu hanya berselang dua hari setelah Peace Now (NGO di Israel yang mempromosikan solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina yang mengacu pada perjanjian 1967) melaporkan bahwa proses persetujuan telah dimulai untuk lingkungan 9.000 unit di Atarot.

PM Israel itu menjelaskan, di lingkungan yang didirikan pada masa 1997 sekarang ada 40.000 penduduk di Har Homa. Unit tambahan akan memberi ruang bagi 10.000 penghuni lainnya.

Ia juga menyetujui rencana untuk membangun 4.000 unit rumah di Givat HaMatos: 1.000 untuk warga Arab Beit Safafa dan 3.000 untuk penduduk Yahudi.

Givat HaMatos dan Har Homa keduanya berada di atas Garis Hijau di Yerusalem timur. (T/R6/P1

Mi’raj News Agency (MINA)