Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

NILAI TAMBAH QURBAN, BANTU MENYEJAHTERAKAN MASYARAKAT

Septia Eka Putri - Jumat, 26 September 2014 - 18:10 WIB

Jumat, 26 September 2014 - 18:10 WIB

868 Views ㅤ

Foto : Putri/Mirajnews.com
Foto : Putri/Mirajnews.com

Foto : Putri/Mirajnews.com

Jakarta, 2 Dzul hijjah  1435/ 26 September 2014 (MINA) – Berqurban tidak hanya semata-mata menjalankan ibadah, tetapi juga bisa memiliki nilai lebih karena dapat menghidupi, menyejahterakan para petani dan peternak lewat program Qurban Mubarok yang dikelola Al-Azhar Peduli Ummat (APU).

Menurut Pian Sopian, salah satu relawan APU hewan qurban kambing dan sapi yang disiapkan sebagai stok adalah hasil pengelolaan program pemberdayaan peternak di desa-desa gemilang dan komunitas pesantren binaan APU di 11 provinsi, Aceh, Karo, Padang, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Pontianak, Bali, Makasar, Bima dan Flores.

Limbah kotoran kambing dan sapi yang dikelola oleh masyarakat dalam pemberdayaan peternak di desa-desa gemilang, katanya kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) Jumat,  diolah menjadi pupuk organik padat seara mandiri di ‘Rumah Rabuk’ , sehingga ibadah qurban mendapat nilai tambah sebagai keberkahan yang berkelanjutan.

Salah satu manfaat pupuk organik adalah meningkatkan produktivitas produk pertanian dengan biaya yang relatif bisa ditekan. Diaplikasikan dalam pemanfaatan pekarangan rumah untuk tanaman sayuran (tomat, pare, terong dan lainnya) sebagai upaya menurunkan angka belanja keluarga yang merupakan bagian program peningkatan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat di desa-desa gemilang, ujarnya.

Baca Juga: Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Tinggi Abu Capai 300 Meter

Pian menyebutkan, program ini juga merupakan sarana untuk membantu mengembangkan pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur desa seperti pembuatan jalan, pembangunan puskesmas dan tempat ibadah.

Jauh sebelum hari raya Qurban, APU mengadakan kerjasama dengan para peternak kecil di daerah dengan cara memberikan modal untuk memelihara kambing yang dibeli beberapa bulan sebelumnya dengan harga murah, kemudian dijual mahal menjelang hari raya tiba. Dengan demikian peternak kecil bisa mendapatkan keuntungan guna menopang hidup keluarganya.

APU juga menurut dia menyiapkan hewan qurban home delivery (antar ke rumah) dan membuka dua cabang khusus Jabodetabek. Harga kambing seberat 29 kg dipatok  Rp2.600.000/ekor, sapi seberat 300 kg seharga Rp17.000.000/ekor, dan luar Jabodetabek kambing seberat 28-30 kg  Rp2.400.000/ekor, kambing seberat 23-26 kg seharga Rp2.000.000/ekor, sapi seberat 280-300 kg seharga Rp16.100.000/ekor.

Pembayaran hewan qurban bisa ditransfer via rekening BCA 070 303 6691 a.n YPI Al Azhar. Selain disalurkan untuk desa-desa Gemilang binaan APU, kini hewan qurban juga bisa diantar ke rumah untuk disembelih sendiri atau di masjid sekitar rumah. Telepon Qurban Home Delivery 021 722 1504.(L/P005/P007/R01).

Baca Juga: Erick Tohir Ancam Sanksi Berat Pengatur Skor di PON Aceh-Sumut

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

 

Baca Juga: Libur Panjang, Jalur Puncak Macet Parah

Rekomendasi untuk Anda

Dunia Islam
Palestina
Internasional
Indonesia
Indonesia