Nilai Tukar Pound Sudan terhadap Dollar AS Terus Merosot

Khartoum, Sudan- Nilai tukar mata uang Sudan, Pound di pasaran mencapai rekor baru pada akhir pekan ini, di tengah ketatnya pemeriksaan dan meningkatnya permintaan.

Menurut data nilai tukar Pound terhadap dolar AS saat ini 143 per 1$ US. Sedangkan nilai tukar resmi yang di keluarkan Bank Central Sudan 55,1 per 1$ US

Para Pedagang menghubungkan kenaikan tersebut dengan  peningkatan permintaan mata uang asing.

Mereka juga menunjukkan bahwa penutupan berkelanjutan bandara berkontribusi besar terhadap kelangkaan pasokan mata uang dolar AS.

Ibrahim Al Badawi, Menteri Keuangan dan Perencanaan Ekonomi mengkonfirmasi dalam pernyataan pers Kamis (9/4) bahwa kenaikan dolar adalah akibat kelangkaan stok dan langkah-langkah kebijakan moneter.

Selain itu, yang menjadi catatan terpenting dari Badan Pusat Statistik Nasional Sudan kenaikan itu meliputi berbagai makanan dan minuman, terutama harga roti, sereal, susu, keju, telur dan gula, di samping harga mobil, suku cadang, dan layanan transportasi juga mengalami kenaikan .

Selain itu, Tingkat inflasi diperkotaan mencapai 56,71%, dengan perbandingan 50,34%, sedangkan Inflasi di tingkat mencapai 69,96%, dengan perbandingan 61,64%. (L/B02/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)