Nominal Ganti Rugi Belum Pasti, Santunan Korban Crane Diharapkan Tahun Ini Cair

Crane yang jatuh di Masjidil Haram, Mekkah pada 11 September tahun lalu. (foto: arabnews)
Crane yang jatuh di Masjidil Haram, Mekkah pada 11 September tahun lalu. (foto: arabnews)

Jakarta, 7 Jumadil Akhir 1437/16 Maret, 2016 (MINA) – Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengatakan sampai saat ini belum ada kepastian nominal atau jumlah santunan kepada korban yang tertimpa crane jatuh di Masjidil Haram 11 September tahun lalu itu. Namun diharapkan juga tahun ini bisa segera cair.

“Terkait besar santunan berapa atau ahli waris yang diberangkatkan itu bagaimana, kita belum pastikan, ini belum pasti, kita menunggu kepastian,” katanya di VIP Room Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Rabu, (16/03) pagi. Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Menteri Lukman menambahkan, proses penyelesaian santunan tersebut saat ini sedang mendekati tahap akhir dan diurus oleh Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

“Dari seluruh rangkaian tahapan ganti rugi yang sangat panjang, Pemerintah Arab Saudi dalam merealisasikan ganti rugi tersebut saat ini mendekati penyelesaian akhir terakhir, dan pada saatnya pihak Saudi akan menyampaikan secara resmi terkait santunan ini,” tambah Menteri Lukman.

Ada 61 Jamaah Haji Indonesia yang menjadi korban jatuhnya crane, 12 jamaah wafat dan lainnya luka-luka, Menteri Lukman mengatakan jika nanti santunan tersebut cair pihaknya akan menghubungi keluarga atau ahli waris korban.

“Kita punya semua nama-nama korban, keluarga, dan juga para ahli warisnya, jadi ketika nanti santunan tersebut sudah cair, kita akan segera hubungi,” tutupnya. (L/M09/P4).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.