Norwegia, Irlandia, dan Spanyol Segera Akui Negara Palestina

Norwegia, Irlandia, dan Spanyol akan mengakui Palestina sebagai sebuah negara merdeka pada 28 Mei 2024 mendatang. (Foto: WAFA)

Madrid, MINA – Norwegia, Irlandia, dan Spanyol mengumumkan akan segera mengakui Palestina sebagai sebuah negara merdeka demi “perdamaian di Timur Tengah”, yang mendorong Israel untuk segera menarik kembali utusannya dari ketiga negara itu.

Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Store mengatakan pada hari Rabu (22/5), solusi dua negara juga demi kepentingan terbaik Israel, dan menambahkan, pengakuan tersebut akan diberikan pada tanggal 28 Mei.

“Tidak akan ada perdamaian di Timur Tengah jika tidak ada pengakuan,” katanya, sebagaimana dikutip dari Al-Jazeera.

“Di tengah perang, dengan puluhan ribu orang terbunuh dan terluka [di Gaza], kita harus tetap menghidupkan satu-satunya alternatif yang menawarkan solusi politik bagi Israel dan Palestina: Dua negara, yang hidup berdampingan, dalam perdamaian dan keamanan,” tambah Gahr.

Baca Juga:  Peran Ulama dalam Memperbaiki Akhlak Umat

“Pengakuan terhadap Palestina adalah cara untuk mendukung kekuatan moderat yang telah kehilangan kekuatan dalam konflik yang berkepanjangan dan brutal ini,” katanya.

“Hal ini pada akhirnya memungkinkan dilanjutkannya proses menuju pencapaian solusi dua negara dan memberikan momentum baru,” tambahnya.

Tak lama setelah pengumuman Norwegia, Perdana Menteri Irlandia Simon Harris mengatakan negaranya juga akan mengakui negara Palestina.

“Hari ini, Irlandia, Norwegia, dan Spanyol mengumumkan bahwa kami mengakui negara Palestina,” kata Harris pada konferensi pers. “Masing-masing dari kita sekarang akan mengambil langkah-langkah nasional apa pun yang diperlukan untuk mewujudkan keputusan tersebut.”

“Saya yakin negara-negara lain akan bergabung dengan kami dalam mengambil langkah penting ini dalam beberapa minggu mendatang,” tambahnya.

Baca Juga:  Ustaz Khozin: Perlunya Berjamaah Bebaskan Al-Aqsa 

Menteri Luar Negeri Micheal Martin mengatakan pada X bahwa pengakuan tersebut akan dilakukan pada 28 Mei.

Sama seperti halnya dengan Norwegia dan Irlandia, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan, dewan menteri negara itu juga akan mengakui negara Palestina merdeka pada tanggal 28 Mei.

Atas pengumuman dari ketiga negara tersebut, Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz langsung memerintahkan duta besar Israel untuk Irlandia dan Norwegia untuk segera kembali ke Israel.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Bahron Ansori