Norwegia Teken Perjanjian $6,6 Juta untuk Proyek Energi di Yerusalem dan Gaza

Upacara penandatanganan perjanjian di Ramallah dihadiri Perdana Menteri Palestina Mohammed Shtayyeh [Foto: Wafa]

Ramallah, MINA – telah menandatangani perjanjian senilai $6,6 juta dengan Otoritas Palestina (PA) untuk merehabilitasi gardu trafo listrik di Jalur Gaza yang terkepung dan menyediakan tenaga surya untuk sekolah-sekolah di .

Ketua Otoritas Energi dan Sumber Daya Alam PA, Zafer Melhem, dan Perwakilan Norwegia di Palestina Torunn Viste menandatangani perjanjian di Ramallah pada hari Selasa (29/11), Middle East Monitor melaporkan.

Perwakilan Khusus Direktur Jenderal Program Pembangunan PBB (UNDP), Yvonne Healy, hadir pada upacara penandatanganan tersebut.

Kesepakatan pertama adalah $4,6 juta untuk merehabilitasi gardu induk di Gaza. Yang kedua bertujuan menyediakan 15 sekolah dengan energi surya, serta memelihara dan merehabilitasi sekolah di Yerusalem.

Melhem berterima kasih kepada Norwegia atas dukungannya yang terus menerus dan murah hati. “Kami bekerja sesuai dengan visi pemerintah untuk meningkatkan sumber energi terbarukan dan mengembangkan jaringan transmisi listrik,” katanya.

Viste, sementara itu, menanggapi dengan menjelaskan perjanjian tersebut bertujuan untuk mendukung dan mempromosikan sektor energi di Palestina, meningkatkan kehidupan rakyat Palestina dan mencapai energi terbarukan dan kemandirian energi.

Ia menegaskan, dukungan terhadap sektor energi di Palestina merupakan bagian dari komitmen politik Norwegia dalam membangun institusi negara. (T/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.