Novelis Lebanon Sumbangkan Hadiah Sastra-nya Pada Universitas di Palestina

Penulis novel di Lebanon, Elias Khoury. (Foto: WAFA)
Penulis novel, Elias Khoury. (Foto: WAFA)

Birzeit, 15 Jumadil Akhir 1437/ 24 Maret 2016 (MINA) – Penulis novel  Lebanon, Elias Khoury, menerima penghargaan sastra 2016 sebanyak  AS$ 25.000, kemudian ia  menyumbangkan hadiah itu  kepada Universitas Birzeit di Palestina.

“Untuk karya sastra yang luar biasa dan menarik perhatian warga Palestina yang  menjadi landasan penulisan novel ini,” kata Khoury kepada WAFA yang dikutip oleh Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis (24/3).

Rektor Universitas Birzeit, Abdel Latif Abu Hijleh mengatakan, “Elias Khoury telah lama menjadi pendukung perjuangan Palestina. Dia adalah pemikir besar yang membuat konstribusi sastra luar biasa untuk perjuangan pembebasan Palestina.”

Dikatakannya,  Khouri adalah seorang novelis di Lebanon yang dermawan, kritikus, dan cendekiawan publik terkemuka. Ia menerbitkan sepuluh novel yang diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa asing serta membuat beberapa karya kritik sastra.

Khoury telah menulis skenario tiga drama dan menjabat sebagai editor Al-Mulhaq, menulis di surat kabar Lebanon Al-Nahar antara tahun 1993 dan 2009.

Ia saat ini juga mengajar sastra di Universitas New York dan editor Majalah Dirasat al-Falastinia, yang diterbitkan oleh Institut Studi Palestina.

Abu Hijleh mengatakan,”Khoury memberikan hadiah tersebut kepada Universitas  Birzeit sebagai  wujud pengabdiannya kepada Palestina dalam bidang pendidikan.” (T/anj/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.