Nurul Badruttamam Ajak Buat Konten Dakwah di Medsos

Purwokerto, MINA – Sekretaris Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa (PDPAB) MUI KH Nurul Badruttamam mengajak Forum Dekanat Fakultas Dakwah dan Komunikasi (Fordakom) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) untuk membuat konten-konten dakwah di media sosial.

“Saat ini media sosial menjadi kekuatan baru dalam mendukung program dakwah,” kata Badruttamam saat pertemuan Fordakom PTKIN se-Indonesia di Hotel Java Heritage Purwokerto, Jateng, Sabtu (25/9).

Ia mengatakan, PDPAB MUI akan meluncurkan website dan kanal media sosialnya. Jadi, mengajak para insan akademisi dakwah yang tergabung dalam Fordakom bisa ikut secara aktif mengisi konten dakwah di media digital baik Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, TikTok, microblogs, website dan collaborative projects.

“Secara singkat empat program kerja pengurus PDPAB masa khidmat 2020-2025. Program pertama adalah menyelenggarakan mudzakarah, seminar, diskusi, dan pengkajian mengenai akhlak,” imbuh Nurul.

Hasil kegiatannya akan disampaikan kepada pemerintah dan komponen bangsa sebagai sikap serta masukan MUI dalam ikhtiar memperbaiki akhlak bangsa.

Program lainnya, menyelenggarakan sosialisasi dan internalisasi mengenai akhlaqul karimah (akhlak mulia) kepada aparat penyelenggara negara dan masyarakat.

Adapun pokok program ketiga, melakukan pemantauan terhadap akhlak bangsa serta menyusun pandangan dan sikap MUI terhadap situasi dan kondisi bangsa dari perspektif akhlak.

Keempat, menjalin kerja sama dengan lembaga negara, lembaga pemerintah dan komponen masyarakat serta komponen bangsa lainnya dalam bidang perbaikan akhlak bangsa.

Pertemuan di Purwokerto itu dipandu oleh Ketua Fordakom PTKIN Suparto MEd PhD, yang juga Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Suparto berharap PDPAB dan PTKIN bisa berkolaborasi serta bersinergi. Sebagai informasi, PTKIN berada di bawah tanggung jawab Kementerian Agama.

Ada tiga jenis perguruan tinggi di dalamnya, yaitu Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Saat ini ada 58 PTKIN yang tersebar di Indonesia saat ini, meliputi 17 UIN, 34 IAIN, dan 7 STAIN. (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)