Obama: Gencatan Senjata Langkah Kunci Akhiri Perang Suriah

Presiden Amerika Suriah (AS) Barack Obama. (Foto: dok. Esquire.com)
Presiden Amerika (AS) . (Foto: dok. Esquire.com)

Washington, 19 Jumadil Awwal 1437/27 Februari 2016 (MINA) – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengatakan, yang diusulkan dan mulai berlaku pada Sabtu (27/2) bisa menjadi langkah kunci untuk mengakhiri perang Suriah.

Obama mengatakan pada pertemuan anggota Dewan Keamanan Nasional di Washington pada Kamis bahwa menghentikan serangan udara itu penting bagi suksesnya gencatan senjata. Demikian Al Jazeera memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dia menambahkan, mengakhiri pertempuran antara berbagai kekuatan adalah rute terbaik dalam menanggulangi kelompok Islamic State (ISIS/Daesh).

“Satu-satunya cara untuk mengalahkan ISIL (ISIS) dengan cara yang langgeng adalah mengakhiri kekacauan dalam perang saudara yang melanda Suriah,” kata Obama.

Obama mencatat, bagaimana pun, masih harus dilihat apakah “penghentian permusuhan” akan terlaksana.

Rusia dan AS menetapkan batas waktu tengah malam waktu Damaskus pada Jumat (26/2) untuk penghentian permusuhan antara oposisi dan pasukan rezim Presiden Bashar al-Assad.

Sebelumnya, AS selaku pimpinan koalisi internasional yang mendukung oposisi Suriah dan Rusia pendukung kuat Pemerintah Suriah, telah memprakarsai upaya gencatan senjata antara kedua kubu yang berperang. (T/P001/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.