Obama Kecam Retorika Anti-Muslim Dalam Pidato Kenegaraan Tahunan

Presiden Amerika Serikat Barack ObamA. (Foto: dok. AtlantaBlackStar.com)
Presiden AS, Barack . (Foto: AtlantaBlackStar.com)

Washington, 4 Rabiul Akhir 1437/14 Januari 2016 (MINA) – Amerika Serikat harus menolak “politik yang menargetkan orang karena ras atau agama”,  Presiden Barack Obama mengatakan dalam Pidato Kenegaraan Tahunan, Selasa malam.

Bagian penting dari pidato selama sejam tersebut adalah kecaman terhadap retorika yang mengkhianati nilai-nilai Amerika – yang secara luas ditafsirkan sebagai serangan terhadap calon presiden Partai Republik, Donald , meskipun Obama tidak menyebutkan taipan real estate dengan nama, Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, mengutip Anadolu Ajansi.

Ini adalah pidato kenegaraan tahunan terakhir Obama sebagai presiden yang sudah dijabatnya selama delapan tahun (dua kali masa jabatan maksimal bagi seorang Presiden AS).  AS saat ini sedang dalam suasana  riuh rendah rendah kampanye menghadapi pemilihan presiden untuk menggantikan Obama.

“Ketika frustrasi tumbuh, ada suara-suara yang mendesak kita untuk jatuh kembali ke masalah kesukuan, meng-kambing hitamkan sesama warga yang tidak terlihat seperti kita, atau berdoa seperti kita, atau bersuara seperti yang kita lakukan, atau memiliki latar belakang yang sama,” kata Obama.

“Kita tidak bisa menempuh jalan itu. Ini tidak akan memberikan ekonomi yang kita inginkan, atau keamanan yang kita inginkan, tetapi kebanyakan dari semua itu bertentangan segala sesuatu yang membuat kita kecemburuan dunia. ”

Kampanye Trump untuk nominasi Partai Republik bagi pemilihan presiden 8 November telah ditandai oleh keluhan rasisme dan Islamophobia. Bulan lalu, ia menyerukan agar umat Islam dilarang memasuki Amerika Serikat, menyusul serangan yang terinspirasi Daesh di California yang menewaskan 14 orang.

Berpidato di depan para anggota parlemen, kabinet dan hakim agung, Obama mengatakan toleransi adalah “apa yang membuat Amerika besar” dan serangan terhadap Muslim “mengkhianati siapa kita sebagai sebuah negara”.

Obama menguraikan tujuan kebijakan luar negeri AS, seperti melindungi warga Amerika dan memerangi terorisme.

Dikatakannya, meskipun al-Qaeda dan Daesh menimbulkan “ancaman langsung” untuk warga negara AS, mereka tidak mengancam “eksistensi nasional”.

“Kebijakan luar negeri kita harus fokus pada ancaman dari ISIL dan al-Qaeda,” kata Obama, dengan menggunakan akronim lain untuk Daesh.

Dia mengatakan AS telah membangun sebuah koalisi global untuk “mencegah Iran yang bersenjata nuklir” dan normalisasi hubungan dengan Kuba setelah 50 tahun mengisolasi tetangga di Karibia tersebut.

Obama menegaskan tekadnya untuk menutup pangkalan Teluk Guantanamo di Kuba. “Saya akan tetap bekerja untuk menutup penjara di Guantanamo: itu mahal, itu tidak perlu dan hanya berfungsi sebagai brosur perekrutan untuk musuh-musuh kita,” katanya. (T/R07/P2 )

Mi’raj Islam News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.