OBAMA TEGASKAN DUKUNG NEGARA-NEGARA TELUK SEKUTU-NYA

KTT Camp David 2015 di Washington, Kamis, 14 Mei 2015. (Foto: dok. Online Athens)
KTT Camp David 2015 di Washington, Kamis, 14 Mei 2015. (Foto: dok. Online Athens)

Washington, 26 Rajab 1436/15 Mei 2015 (MINA) – Presiden Barack Obama berjanji mendukung sekutunya, negara-negara Teluk yang tergabung dalam Dewan Kerjasama Teluk (GCC), untuk melawan  “serangan eksternal” dan kecemasan terhadap Iran.

Obama sebagai tuan rumah bagi enam negara GCC dalam pertemuan puncak di peristirahatan kepresidenan, Camp David, juga berusaha meyakinkan para sekutunya atas komitmen Washington terhadap keamanan mereka di tengah kecemasan Arab atas upaya AS mencapai kesepakatan nuklir dengan Iran.

“Amerika Serikat akan berdiri bersama mitra GCC kami melawan serangan eksternal dan akan memperdalam dan memperluas kerjasama yang kami miliki,” kata Obama kepada wartawan, di mana para pemimpin Teluk berdiri di sisinya pada akhir pembicaraan, Kamis (14/5), Al Jazeera yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Obama berusaha untuk menghilangkan kekhawatiran negara Arab Teluk terkait potensi pencabutan sanksi internasional terhadap Teheran yang diduga akan meningkatkan risiko perselisihan sektarian.

Para pemimpin yang mengeluarkan pernyataan bersama mengatakan, dalam hal agresi, AS berdiri siap untuk bekerja dengan negara-negara Arab, termasuk potensi penggunaan kekuatan militer.

Kerjasama baru juga ditandatangani di bidang kontraterorisme, keamanan maritim, keamanan cyber dan pertahanan rudal balistik. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Comments: 0