OCHA: 13 Keluarga Palestina Mengungsi dari Masafer Yatta

Yerusalem, MINA – Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mengatakan, sejak awal Juli 2023, 13 keluarga termasuk 84 orang, 44 di antaranya anak-anak dan 40 orang dewasa telah mengungsi dari .

“Hal ini sebagai bagian dari meningkatnya pembatasan yang diberlakukan oleh pasukan pendudukan terhadap pergerakan keluarga-keluarga ini, karena hal ini merupakan alasan utama di balik perpindahan mereka,” ungkap pernyataan itu, Selasa (3/10) seperti dikutip dari Shehab News Agency.

Hingga saat ini, 13 pusat pemukiman di Masafer Yatta yang terletak di selatan Tepi Barat, menampung 215 keluarga Palestina, yang terdiri dari sekitar 1.150 orang.

“Pertemuan-pertemuan itu berlokasi di area seluas 18 persen Tepi Barat yang dinyatakan oleh otoritas Israel sebagai zona tembak dan diperuntukkan bagi pelatihan militer,” kata pernyataan itu.

Baca Juga:  Catatan Kelam Hari Kebebasan Pers Sedunia: Ratusan Jurnalis Tewas di Gaza

Orang-orang yang terpaksa mengungsi dari komunitasnya selama tiga bulan terakhir mewakili sekitar 7 persen dari populasi negara tersebut.

Sebagaimana tercantum dalam laporan PBB, OCHA menambahkan, “Selama bertahun-tahun, dan semakin meningkat sejak Mei 2022, telah memberlakukan pembatasan pergerakan, menyita properti, menghancurkan rumah, dan melakukan pelatihan militer di Masafer Yatta dan memaksa penduduk untuk pindah.”

Tingkat keparahan pembatasan yang diberlakukan terhadap pergerakan masyarakat telah meningkat selama tiga bulan terakhir, karena pasukan pendudukan Israel yang beroperasi dari pangkalan militer yang baru didirikan, melakukan operasi patroli di wilayah tersebut lebih sering dan memberlakukan lebih banyak pembatasan terhadap pergerakan masyarakat termasuk untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti mengakses pasar, layanan dasar, dan transportasi, pakan ternak serta input lainnya untuk ternak yang menjadi andalan keluarga.

Baca Juga:  PP Muhammadiyah: Jangan Bosan Dukung Kemerdekaan Palestina

Pasukan ini juga menyita kendaraan yang digunakan oleh warga, dan dua sekolah di daerah tersebut melaporkan,  24 siswa putus sekolah tahun ini, termasuk siswa yang keluarganya dideportasi dalam lingkungan yang memaksa itu, dan siswa lainnya yang takut akan perjalanan yang tidak aman ke sekolah mereka.

Dalam satu insiden, pada bulan September, pasukan pendudukan Israel menghentikan guru-guru dalam perjalanan ke sekolah mereka dan mengancam akan menyita kendaraan mereka jika mereka mencoba pergi ke sekolah lagi.

Sejak Maret 2023, salah satu komunitas pemukiman di Masafer Yatta, Khirbet Bir al-Ad, kehilangan penghuninya menyusul dua keluarga terakhir yang mengungsi di sana.

Dalam kasus tersebut, anggota kedua keluarga tersebut menyebutkan meningkatnya kekerasan pemukim sebagai alasan utama yang mendorong mereka untuk pergi.

Baca Juga:  Hamas Setujui Proposal Genjatan Senjata Dimediasi Qatar-Mesir

Komunitas itu menjadi salah satu dari empat pusat kependudukan Palestina yang benar-benar kosong di Tepi Barat sejak tahun 2022. Organisasi kemanusiaan dan donatur masih memberikan bantuan ke pusat kependudukan di Masafer Yatta untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Namun, selama bertahun-tahun, pihak berwenang Israel telah menghambat upaya tersebut dengan mengeluarkan perintah pembongkaran atau berhenti bekerja, menyita kendaraan dan peralatan, dan menerapkan pembatasan fisik terhadap akses tanah dan masuknya pekerja kemanusiaan.

Sebuah proyek yang diluncurkan pada Mei 2023 untuk menyediakan tempat penampungan darurat terpaksa menghentikan pekerjaannya setelah pihak berwenang Israel menyita bahan-bahan rehabilitasi.

Pemindahan paksa warga sipil dari atau di dalam wilayah Palestina yang diduduki dilarang berdasarkan hukum humaniter internasional. (T/R12)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.