OJK dan 21 Lembaga Keuangan Syariah Gelar iB Vaganza di Solo

Solo, MINA – Melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan kegiatan edukasi perbankan syariah di kota-kota sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan dan 21 Lembaga Keuangan Syariah menggelar expo keuangan syariah iB (Islamic Bank) Vaganza di kota Solo.

iB Vaganza merupakan bentuk sinergi antara OJK dan pelaku industri keuangan syariah untuk memberikan edukasi dan kemudahan akses terhadap keuangan syariah bagi masyarakat. iB Vaganza Solo 2019 pada Jumat 22 – Ahad 24 November di Solo.

Acara iB Vaganza Solo 2019 diresmikan Kepala Otoritas Jasa Keuangan Solo Eko Yunianto, Ketua Perwakilan Bank Indonesia Solo Bambang Pramono, Deputi Direktur Literasi dan Informasi Otoritas Jasa Keuangan Greta Joice Siahaan, Direktur Bisnis Ritel dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Hanawijaya dan Sekretaris Perusahaan BCA Syariah Nadia Amalia ditandai dengan pemukulan beduk yang dilakukan  bersama-sama di panggung utama iB Vaganza Solo.

“Indonesia merupakan negara yang memiliki pangsa pasar produk dan jasa berbasis ekonomi syariah yang sangat besar dimana jumlah penduduk muslimnya mencapai 87,18 persen dari populasi 232,5 juta jiwa* (Global Islamic Economy Report 2018-2019),” kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan Solo Eko Yunianto.

Dia mengatakan, dukungan pemerintah dalam pengembangan ekonomi syariah Indonesia diantaranya melalui pembentukan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) melalui Peraturan Presiden No. 91 Tahun 2016 di bawah kendali langsung Presiden.

Tugas KNKS adalah mempercepat, memperluas dan memajukan pengembangan keuangan syariah. Selanjutnya, ekosistem keuangan syariah di Indonesia diharapkan semakin kuat dengan diluncurkannya Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-2024 oleh Presiden Joko Widodo 14 Mei 2019 lalu.

“Pelaksanaan Expo iB Vaganza terselenggara atas kerja sama antara regulator dengan industri perbankan syariah yang digerakkan oleh Forum iB Marcomm (Marketing and Communication) sejak akhir tahun 2012. Kegiatan ini merupakan satu upaya bersama untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat mengenai produk, jasa dan keunggulan perbankan syariah. Sampai dengan saat ini, kegiatan edukasi dan promosi perbankan syariah tetap dilaksanakan secara berkesinambungan dan lebih terintegrasi,” tambah Eko.

Sementara Direktur Bisnis Ritel dan & Unit Usaha Syariah Bank Jateng Hanawijaya mengatakan, kegiatan iB Vaganza Solo memberikan kemudahan akses masyarakat terhadap layanan perbankan syariah. Kami ingin masyarakat merasakan kemudahan dan kenyamanan layanan perbankan yang ditawarkan oleh lembaga keuangan syariah,” ujarnya.

Selain OJK, 21 pelaku industri keuangan yang mengikuti iB Vaganza Solo terdiri dari 18 Bank Syariah yaitu : BCA Syariah, Bank Jateng Syariah, Bank Mandiri Syariah, BNI Syariah, BRIsyariah, Bank Muamalat, Bank Danamon Syariah, Bank Mega Syariah, BTN Syariah, Panin Dubai Syariah, OCBC NISP Syariah, Bank Syariah Bukopin, CIMB Niaga Syariah, BPRS Dana Amanah, BPRS Central Utama Syariah, BPRS Harta Insan Karimah, BPRS Dana Mulia. Selain itu diikuti pula oleh 3 (tiga) lembaga keuangan non Bank, yaitu: Pegadaian Syariah, Askrindo Syariah, dan perusahaan Investree (peer to peer lending). Turut mendukung kegiatan ini Lembaga Penjamin Simpanan dan Penyedia Jaringan ATM PRIMA, PT Rintis Sejahtera.

Kegiatan iB Vaganza  diselenggarakan dengan konsep edutainment, yang merupakan perpaduan antara edukasi keuangan yang disampaikan melalui talkshow, pameran produk dan layanan jasa keuangan serta entertainment  berupa hiburan yang menyajikan  berbagai perlombaan dan pertunjukan seni.

Sebagai bagian dari kegiatan sosialisasi mengenai ragam layanan yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai lembaga dan masyarakat, dalam acara pembukaan iB Vaganza sebanyak 8 lembaga keuangan melakukan kegiatan seremoni kerjasama dan peluncuran produk.

Kegiatannya diantaranya Peluncuran Mobile Banking Digital Islamic Network (DIN) oleh Bank Muamalat, Peluncuran i-Kurma oleh Bank BRIsyariah, Peluncuran Kartu Pembiayaan Hasanah Card Edisi Khusus Sawahlunto Heritage oleh Bank BNI Syariah, Peluncuran Program Haji Millenial BTN iB  oleh Bank BTN Syariah, Kerja Sama PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah dengan BPRS Sukowati dan BPRS Dana Amanah. Peluncuran Produk Digital  Banking Mandiri oleh Bank Syariah Mandiri, Seremoni Nota Kesepahaman Pembukaan Tabungan SimPel iB antara Bank Jateng Syariah dan SMP IT Nur Hidayah Surakarta dan  Kerja sama antara  CIMB Niaga Syariah dengan Mercedes-Benz Owners Corporation Indonesia (MOC Indonesia). (R/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.