OJK RESMIKAN PUSAT EDUKASI, LAYANAN KONSUMEN DAN AKSES KEUANGAN UKM

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad saat meresmikan Pusat Edukasi, Layanan Konsumen dan Akses Keuangan UMKM (PELAKU) di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (22/12). (Foto: Chamid/MINA)
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad saat meresmikan Pusat Edukasi, Layanan Konsumen dan Akses Keuangan UMKM (PELAKU) di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (22/12). (Foto: Chamid/MINA)

Jakarta, 11 Rabi’ul Awwal 1437/22 December 2015 (MINA) – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meresmikan Pusat Edukasi, Layanan Konsumen dan Akses Keuangan UMKM (PELAKU) di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (22/12).

Program tersebut merupakan bagian dari implementasi Pilar 2 Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia yaitu dalam upaya untuk memperkuat infrastruktur yang mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan.

PELAKU adalah program OJK wide untuk mendukung fungsi OJK di bidang pengaturan, pengawasan, dan perlindungan.

“Tujuan dibentuknya PELAKU ini adalah, pertama, menyediakan sarana bagi konsumen dan masyarakat di daerah untuk memperoleh informasi mengenai Lembaga Jasa Keuangan (LJK) serta produk dan jasa keuangan,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad saat memberikan sambutan dalam acara ini.

Kedua, lanjut Muliaman, menyediakan sarana bagi konsumen dan masyarakat di daerah untuk menyampaikan informasi, pertanyaan dan pengaduan di sektor jasa keuangan.

“Ketiga, sebagai fasilitas dalam rangka pemberdayaan UMKM dan penyediaan akses ke sektor jasa keuangan,” katanya.

Pihaknya juga mengharapkan agar PELAKU bisa menjadi patner Pemerintah Daerah dalam upaya peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat daerah.

Fungsi lain dari PELAKU adalah edukasi dengan kegiatan utama berupa peyusunan dan pelaksanaan program edukasi berikut memastikan ketersediaan materi dan informasi edukasi serta operasional mobil edukasi keuangan (SiMolek).

Sedangkan untuk fungsi layanan konsumen, dengan kegiatan utama seperti menerima informasi, menjawab pertanyaan, penanganan pengaduan, dan mengarahkan penggunaan Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS).

Fungsi akses keuangan UMKM, kegiatannya adalah edukasi dalam rangka memberdayakan UKM serta memfasilitasi akses pemberian kredit/pembiayaan bagi UMKM. Dengan kata lain, Pelaku menjalankan fungsi center of excellence di kantor-kantor regional atau kantor OJK di daerah melalui penyediaan layanan informasi yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) OJK di daerah. (L/P010-P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.