OJK Tegal dan Bursa Efek Gelar Sekolah Pasar Modal

Tegal, MINA – Otoritas Jasa Keuangan () Tegal Jawa Tengah bekerjasama dengan Indonesian Stock Exchange (IDX) atau Indonesia perwakilan Semarang menyelenggarakan (SPM), Senin (18/2).

SPM bertujuan memperkenalkan pasar modal ke masyarakat, sekaligus sebagai sarana pembelajaran berinvestasi bagi masyarakat.

Kasubag Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Tegal Viktorinus Donny Vika Permana mengatakan, peran serta masyarakat di pasar modal masih rendah ini berpengaruh terhadap stabilitas ekonomi nasional.

“Salah satu indikator stabilitas ekonomi yang sehat adalah dengan peran serta masyarakat berinvestasi di pasar modal. Jika pasar modal kita fundamentalnya kuat maka stabilitas ekonomi juga akan baik,” katanya saat sambutan pembukaan.

Melalui sekolah pasar modal, diharapkan menambah pemahaman kepada masyarakat tentang pasar modal. Selain itu juga dapat meningkatkan jumlah investor lokal di pasar modal yang saat ini masih rendah.

“Karena dengan semakin banyak investor lokal di Bursa efek, maka tidak mudah terpengaruh oleh sentimen luar yang melemahkan ekonomi bangsa,” kata Viktorinus.

Sememtara itu, Fanny Rifqi el Fuad pemateri dari Bursa Efek Indonesia perwakilan Semarang mengungkapkan, selama ini pasar modal Indonesia dikuasai oleh asing, sehingga isu-isu luar sangat berpengaruh terhadap stabilias ekonomi nasional.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini mampu mengundang investor lokal untuk bertransaksi di pasar modal syariah guna memperkuat ekonomi nasional,” jelasnya.

Dikatakan, selama ini masyarakat masih banyak yang belum mengerti tentang pasar modal. Mereka beranggapan berinvestasi di pasar modal sulit dan juga memerlukan dana yang besar.

“Sebenarnya menjadi investor di pasar modal tidak harus mengeluarkan uang yang banyak, bahkan dengan modal ratusan ribu anda sudah bisa membeli saham,” kata Fanny.

Sekolah Pasar Modal yang digelar oleh OJK Tegal ini diikuti oleh masyarakat dengan baberapa latar belakang. Diantaranya, mahasiswa, karyawan, dan juga para wartawan. (L/B05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.