OKI Apresiasi Peran Aktif Indonesia Dalam Isu Palestina

Istanbul, 6 Rajab 1437/13 April 2016 – Negara-negara Organisasi Kerjasama Islam () menyampaikan kembali penghargaan tinggi terhadap peran aktif untuk isu .

Penghargaaan ini merujuk pada penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa OKI ke-5 mengenai Palestina dan Al-Quds Al-Sharif, di mana Indonesia menjadi tuan rumah pada Maret 2016.

Negara-negara anggota OKI juga mengingatkan kiranya hasil KTT Luar Biasa tersebut dapat diimplementasikan oleh semua negara anggota OKI, demikian keterangan pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dalam statement di acara “General Debate” Pertemuan Tingkat Menlu (PTM) OKI di Istanbul, Selasa (12/4), Menlu RI antara lain menyampaikan agar dua dokumen hasil KTT Luar Biasa di Jakarta dapat dijadikan referensi bagi upaya untuk memerdekakan Palestina.

KTT Luar Biasa OKI di Jakarta yang berakhir 7 Maret lalu, melahirkan dua deklarasi yang intinya menguatkan tekanan kepada Israel terkait masa depan Palestina dan Masjid Al-Aqsha.

Namun deklarasi ini dikuatirkan  akan bernasib sama seperti deklarasi-deklarasi sebelumnya, yang tidak berdampak apa-apa.

Resolusi KTT-LB OKI dan Deklarasi Jakarta berisi 23 langkah konkret untuk membantu menyelamatkan Al-Quds Al-Sharif atau Yerusalem dari pendudukan Israel. (T/R05/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.