OKI Sambut Baik Resolusi PBB tentang Perjuangan Palestina

Ilustrasi: Bendera negara-negara anggota OKI. (Foto: dok. moderndiplomacy.eu)

Riyadh, MINA – Organisasi Kerjasama Islam (OKI) menyambut baik adopsi Majelis Umum PBB atas lima resolusi penting tentang Palestina dan Timur Tengah, termasuk teks yang menyerukan Israel untuk menghentikan semua tindakan yang ditujukan untuk “mengubah komposisi demografis, karakter dan status pendudukan wilayah Palestina.”

Majelis Umum mengadopsi resolusi yang berkaitan dengan mandat dan kerja Komite tentang “Hak yang Tidak Dapat Dicabut dari Rakyat Palestina, Pembagian Hak Palestina di Sekretariat Perserikatan Bangsa-Bangsa,” program media tentang perjuangan Palestina dan prinsip-prinsip dasar “solusi perdamaian” untuk perjuangan Palestina.

Itu juga mengadopsi resolusi untuk memperingati Hari Nakba, ketika warga Palestina diusir dari rumah mereka pada tahun 1948 setelah berdirinya Israel, Arab News melaporkan.

Baca Juga:  Serangan Udara Israel Jatuh dekat Guest House MER-C di Gaza

Pengamat Tetap untuk Negara Palestina mengatakan selama debat bahwa keistimewaan Israel hanya memperkuat naluri terburuk Israel.

“Hari ini Majelis akhirnya akan mengakui ketidakadilan sejarah yang menimpa rakyat Palestina, mengadopsi resolusi yang memutuskan untuk memperingati 75 tahun Nakba di Aula Majelis,” kata OKI.

OKI memuji posisi negara-negara yang berkontribusi dalam mensponsori dan mendukung resolusi ini, menegaskan komitmen mereka terhadap hukum internasional dan sejalan dengan posisi sejarah mereka berdasarkan prinsip kebenaran, keadilan dan perdamaian. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf