OKI Sambut Perjanjian Damai AS-Taliban

Jeddah, MINA – Organisasi Kerjasama Islam (OKI) pada Sabtu (29/2) menyambut kesepakatan penting antara AS dan , yang berupaya mencapai solusi jangka panjang untuk perang .

Dua konferensi penting di ibukota Qatar, Doha dan ibu kota Afghanistan, Kabul, membuat keputusan bersejarah yang dibuat mengenai nasib negara yang dilanda perang. Kesepakatan itu menjabarkan jadwal penarikan pasukan asing secara penuh dari Afghanistan, Anadolu Agency melaporkan.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, Yousef Al-Othaimeen, Sekretaris Jenderal OKI, memuji keberhasilan implementasi pengurangan kekerasan di Afghanistan, serta mengimbau semua pihak untuk melanjutkan pengaturan saat ini dan bekerja dengan baik untuk mencapai gencatan senjata permanen.

“Para pemimpin Afghanistan dan rakyat Afghanistan sekali lagi menunjukkan bahwa mereka bertekad dan mampu mengakhiri permusuhan dan bergerak menuju perdamaian, keamanan, dan stabilitas yang langgeng untuk memfokuskan upaya mereka pada rekonstruksi, pembangunan negara mereka,” kata Al-Othaimeen.

Kesepakatan itu diharapkan akan mengarah pada pembicaraan antara Taliban dan pemerintah Kabul yang berupaya mengakhiri konflik bersenjata yang dimulai pada 2001.

Mengacu pada keputusan KTT OKI dan resolusi Menteri, serta Deklarasi Makkah 2018 yang diadopsi oleh Konferensi Ulama Internasional untuk Perdamaian dan Keamanan di Afghanistan, Al-Othaimeen menegaskan “tekad kuat dan kesiapan” OKI untuk terus bekerja dengan Afghanistan, tetangga-tetangganya, dan komunitas internasional “dalam meletakkan dasar perdamaian abadi, keamanan, stabilitas, rekonsiliasi, pembangunan dan kemakmuran di Afghanistan dan kawasan”.

Di bawah perjanjian itu, Taliban telah setuju untuk tidak mengizinkan Al-Qaeda, Daesh atau kelompok militan lainnya beroperasi di daerah yang mereka kuasai.

AS dan sekutunya, setelah pengurangan awal pasukan dari sekitar 13.000 menjadi 8.600 dalam 135 hari, akan bergerak menuju penarikan penuh dalam waktu 14 bulan.

Pada puncak perang, yang dimulai beberapa pekan setelah serangan September 2001 di New York, Afghanistan memiliki lebih dari 100.000 tentara Amerika dan puluhan ribu lainnya dari koalisi NATO yang dipimpin AS.

Kesepakatan itu juga mengatur pertukaran tahanan dan AS mencabut sanksi terhadap Taliban. (T/R7/P1

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.