OKI Tegaskan Komitmen Bantu Perdamaian dan Pembangunan di Afghanistan

Jeddah, MINA – Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam () Dr. Yousef bin Ahmed Al-Othaimeen menegaskan kembali kesiapan OKI untuk terus berkontribusi pada proses perdamaian, rekonsiliasi, dan pembangunan di .

Pernyataan ini disampaikan oleh Sekjen OKI dalam sebuah pernyataan yang disampaikan oleh Asisten Sekjen OKI untuk Urusan Politik Duta Besar Yusuf Al-Dubaie pada Konferensi Tingkat Menteri ke-9 Heart of Asia, yang diadakan pada 29-30 Maret di Dushanbe, Tajikistan.

Dalam pernyataannya, Al-Othaimeen menegaskan kembali komitmen OKI untuk mendukung proses perdamaian dan rekonsiliasi inklusif yang dipimpin oleh Afghanistan dan dimiliki oleh negara itu untuk mencapai solusi politik, dan memastikan proses tersebut didukung oleh aktor regional dan didukung oleh komunitas internasional.

Terkait hal tersebut, ia mengingatkan dua resolusi penting terkait Afghanistan yang diadopsi oleh Dewan Menteri Luar Negeri OKI (CFM) dalam sidang ke-47 yang diselenggarakan di Niamey, Republik Niger, pada 27-28 November 2020.

Mengacu pada partisipasi OKI pada peluncuran pembicaraan Perdamaian Afghanistan pada September 2020 di Doha, Qatar, pimpinan OKI meminta pihak-pihak Afghanistan untuk memanfaatkan kesempatan bersejarah ini guna mengejar dan mendorong dialog, segera mengakhiri pertempuran dan kekerasan serta bekerja untuk rekonsiliasi dan perdamaian yang tahan lama. (T/R1/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.