Oksigen Langka, Polda Lampung Buka Gerai Oksigen Gratis

Lampung Selatan, MINA – Kepolisian Daerah (Polda) Lampung membuka gerai oksigen presisi gratis sebanyak 15 ton bagi masyarakat Lampung yang membutuhkan oksigen. Gerai bertempat di Lampung Gas, Jalan Lintas Sumatra Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno saat launching program bantuan oksigen, Jumat (6/8) mengatakan, siapa saja yang membutuhkan, baik masyarakat maupun rumah sakit, bisa mengisi ulang oksigen di gerai tersebut secara gratis.

“Syaratnya hanya kartu identitas diri atau KTP, karena kami akan catat identitasnya. Ini untuk menghindari penyalahgunaan,” kata Hendro.

Untuk itu, lanjut Hendro, jajaran Polda Lampung akan melakukan pengawasan dalam penyaluran oksigen bantuan dari perusahaan BUMN tersebut.

Ke depan, menurut Hendro, bantuan oksigen gratis tersebut akan terus berlanjut supaya masyarakat di Lampung tidak lagi kesulitan mendapatkan oksigen.

Baca Juga:  Santri Aceh Ramaikan Aksi Bela Palestina

Kepala Bidang Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad menerangkan, oksigen gratis tersebut merupakan bantuan atas kerjasama liquid oksigen PT Pupuk Indonesia dan Polda Lampung dalam rangka membantu penanganan COVID-19.

“Langkanya oksigen dan semakin banyaknya kebutuhan oksigen bagi masyarakat yang terpapar covid, maka warga dipersilakan datang ke Lampung Gas untuk dapat oksigen secara gratis. Sebab, di lokasi itu, sudah ada petugas yang menjaga gerai oksigen gratis,” terangnya.

“Kami buka pos di lokasi pabrik Lampung Gas. Silakan masyarakat datang ke sini jika membutuhkan oksigen. Kami sudah menyiapkan 15 ton oksigen gratis,” lanjutnya.

” Tidak ada batasan bagi yang membutuhkan, yang jelas sesuai kebutuhan masyarakat yang datang ke sini,” kata Pandra.

Baca Juga:  AWG Gelar Peringatan Nakba Sepekan, dari Webinar hingga Demonstrasi

Kelangkaan oksigen disebabkan oleh semakin banyaknya kasus positif Virus Corona khususnya di Lampung yang mana gejala atau salah satu efeknya adalah pasien Covid merasakan sesak sehingga memerlukan bantuan pernafasan dengan menggunakan alat bantu oksigen.

Gerai oksigen gratis yang berada di area Lampung Gas, Jalan Candimas Km 24,5, Desa Candi Mas, Kecamatan Natar, Lampung Selatan tersebut mulai dibuka untuk umum sejak hari ini.

Irfan Hizbulloh, salah satu Tim penanggulangan Covid-19 bernama Team Ribath Covid-19 (TRC-19) menyatakan, dirinya mengalami kesulitan saat mencari oksigen karena begitu banyaknya masyarakat yang membutuhkan, sehingga di salah satu gerai isi ulang oksigen mengalami antrian yang cukup panjang.

Baca Juga:  Aksi Protes di Depan Kedubes AS, Setop Aksi Genosida di Gaza

“Kami bahkan pernah sampai larut malam mengantri untuk sekedar mengisi ulang oksigen, dan ternyata saat giliran sudah kehabisan akhirnya besok lagi ngisinya, dan harus mengantri lagi,” kata Irfan.

TRC-19 merupakan Tim Penanggulangan Covid-19 yang dibentuk oleh Jaringan Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Natar, Lampung Selatan. TRC-19 tidak hanya menanggulangi Covid-19 di lingkungannya, berupa suplai obat-obatan dan oksigen tetapi juga ke masyarakat sekitar Ponpes.

Ponpes Al-Fatah mempunyai beberapa cabang di antaranya, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Utara, Tulang Bawang Barat, Tulang Bawang, dan Pringsewu, Tanggamus, Bandar Lampung. (L/R12/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA). 

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Ismet Rauf