Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Olimpiade 2024: Veddriq Leonardo Sumbang Emas Pertama Untuk Indonesia

Lailatul Mukarromah Editor : Widi Kusnadi - Kamis, 8 Agustus 2024 - 19:02 WIB

Kamis, 8 Agustus 2024 - 19:02 WIB

16 Views

Atlet Panjat Tebing Indonesia, Veddriq Leonardo. (Foto: Instagram Veddriq)

Paris, MINA – Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo berhasil menyumbangkan medali emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Dia mengalahkan wakil China Wu Peng, di partai final.

Mentas di Le Bourget Climbing Venue, Paris, Prancis, Kamis (8/8) petang WIB, Veddriq tampil sangat gemilang di babak perempat final. Dia memanjat dengan sangat cepat hingga bisa mengalahkan lawannya yang merupakan wakil tuan rumah, Bassa Mawem.

Veddriq melaju sangat kencang hingga bisa membukukan waktu 4,88 detik. Sedangkan Mawem hanya finis di angka 5,26 detik saja. Dengan begitu, wakil Merah-Putih itu melenggang ke semifinal.

Di babak semifinal, Veddriq berhadapan dengan utusan Iran, Reza Ali Pour. Atlet berusia 27 tahun itu sukses mempertajam waktunya menjadi 4,78 detik untuk mengalahkan Reza yang finis dengan selisih 0,06 detik darinya.

Baca Juga: Fadlan Prawira Sukses Pertahankan Medali Emas PON 2024

Hasil tersebut merupakan pencapaian terbaik Veddriq dalam kariernya. Sebelumnya catatan waktu tercepatnya adalah 4,79 detik.

Pada babak semifinal lainnya, pemegang rekor dunia dan rekor Olimpiade saat ini, Sam Watson, dari Amerika Serikat berhasil ditumbangkan wakil China, Wu Peng. Watson finis dengan selisih 0,08 detik dari Wu Peng, yang membukukan waktu 4,85 detik.

Di partai puncak, Veddriq berhasil meraih kemenangan atas Wu Peng. Dia finis dengan waktu 4,75 detik, sementara Wu di angka 4,77 detik.

Perolehan medali perunggu dibawa pulang oleh Sam Watson, yang memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri dari 4,75 detik menjadi 4,74 detik. Dia mengalahkan Reza Ali Pour yang finis dengan waktu 4,88 detik.

Baca Juga: Fenomena Pemain Naturalisasi, Apa Untung dan Ruginya?

Sebelumnya, Gregoria Mariska Tunjung meraih medali perunggu dari cabor bulutangkis tunggal putri. Untuk cabang olahraga panjat tebing, Indonesia diwakili empat atlet yang semuanya di nomor speed.

Mereka adalah Rajiah Sallsabillah yang kalah di perebutan perunggu, Desak Made Rita Kusuma Dewi terhenti di perempatfinal, dan Rahmad Adi Mulyono gagal lolos ke babak gugur.

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Timnas Indonesia Siap Lakoni Laga Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia

Rekomendasi untuk Anda

MINA Sport
MINA Sport
Indonesia
Palestina
MINA Preneur
Palestina