Oman Berlakukan Bebas Visa Masuk untuk 103 Negara

Muscat, MINA – memberlakukan masuk bagi pendatang dari 103 negara. Keputusan perpanjangan bebas visa masuk selama 14 hari bagi wisatawan menjadi salah satu upaya dalam memajukan sektor pariwisata. Pakistan Observer melaporkan, Selasa (14/3).

Keputusan tersebut diambil untuk mendukung industri pariwisata di Oman dengan fasilitas bebas visa yang disediakan sesuai peraturan dan ketentuan tertentu.

Menurut data Pusat Statistik dan Informasi Nasional (NCSI), Kesultanan Oman mengalami lonjakan besar 348% wisatawan pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2021, dengan 2,9 juta wisatawan.

Lonjakan kedatangan turis membuat pendapatan hotel bintang 3-5 naik 50,8 persen pada akhir Januari 2023 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022.

Data terbaru melihat tingkat hunian mencatat kenaikan sebesar 31,3 persen mencapai 53,7 persen, dibandingkan dengan 40,9 persen selama periode yang sama pada tahun 2022.

Sementara jumlah tamu hotel bintang 3-5 mencapai 173.313 orang, meningkat 65 persen hingga akhir Januari 2023 dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022.

Menargetkan pasar besar India untuk tujuan pariwisata, pejabat pemerintah mengatakan, “Turis India termasuk di antara 30 negara yang diizinkan masuk pada saat kedatangan, asalkan mereka memiliki visa masuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris Raya, Jepang atau memiliki izin tinggal dari salah satu negara Teluk.”

Izin tinggal/kerja harus menjadi salah satu profesi yang disetujui oleh pemerintah Oman.

Selain India, 29 negara lainnya adalah Armenia, Azerbaijan, El Salvador, Kosta Rika, Nikaragua, Honduras, Albania, Laos, Kyrgyzstan, Meksiko, Vietnam, Bhutan, Guatemala, Belarus, Kuba, Panama, Peru, Tajikistan, Uzbekistan, Turkmenistan, Bosnia dan Herzegovina, Kazakhstan, Maladewa, Yordania, Tunisia, Aljazair, Mauritania, Maroko, dan Mesir.

Ketentuan menambahkan, ada opsi bagi wisatawan dari 103 negara untuk memperpanjang masa tinggal mereka selama lebih dari 14 hari.

Setelah periode yang ditentukan, pelancong dari negara tersebut harus mengajukan visa elektronik secara online dengan biaya OMR 20 (Rp798 ribu) untuk jangka waktu satu bulan.

Mereka juga dapat mengajukan visa multi-entry selama satu tahun, asalkan masa tinggal mereka pada setiap kunjungan tidak lebih dari sebulan.

Di antara negara-negara besar yang warga negaranya diizinkan memasuki Oman bebas visa selama 14 hari adalah Portugal, Swedia, Norwegia, Italia, Bulgaria, Swiss, Kroasia, Hongaria, Serbia, Georgia, Denmark, Jerman, Yunani, Islandia, Belgia, Rumania, Slovenia, Finlandia, Luksemburg, Malta, Monako, Siprus, Ukraina, Spanyol, Republik Ceko, Austria, Irlandia, Inggris Raya, Polandia, Slovakia, Prancis, Belanda, Venezuela, Kolombia, Uruguay, Paraguay, Argentina, Brasil, Jepang, Thailand, Afrika Selatan, Rusia, China, Amerika Serikat, Turki, Korea Selatan, Selandia Baru, Iran, Australia, Indonesia, Taiwan, Kanada, Malaysia, dan Singapura. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.