Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Operasi Gabungan Yaman dan Irak Serang Kapal Israel

kurnia - Jumat, 7 Juni 2024 - 16:45 WIB

Jumat, 7 Juni 2024 - 16:45 WIB

5 Views ㅤ

Sana’a, MINA – Kelompok Houthi di Yaman mengumumkan operasi gabungan dengan kelompok Perlawanan Islam Irak untuk menyerang kapal Israel di pelabuhan Haifa pada Kamis (6/6).

Operasi gabungan ini dilaksanakan beberapa pekan setelah Houthi dan Perlawanan Islam Irak berjanji akan meningkatkan kolaborasi melawan Israel.

“Angkatan Bersenjata Yaman melakukan dua operasi militer gabungan dengan Perlawanan Islam Irak. Yang pertama, menargetkan dua kapal yang membawa peralatan militer di pelabuhan Haifa,” juru bicara militer Houthi, Yahya Saree, Kamis (6/6).

“(Serangan) Yang kedua menargetkan sebuah kapal yang melanggar keputusan kami untuk melarang masuk ke pelabuhan. Haifa di Palestina yang diduduki,” katanya.

Baca Juga: Dituduh Selundupkan Senjata, Mesir: Netanyahu Bohong

“Kedua operasi tersebut dilakukan dengan sejumlah drone, mencapai sasaran secara akurat,” tambah Yahya Saree, dikutip dari Sky News.

Bulan lalu, pemimpin Houthi, Abdul Malik al-Houthi, mengadakan panggilan telepon dengan ketua Perlawanan Islam Irak, Abu Hussein al-Hamidawi.

Keduanya membahas upaya koordinasi untuk menghadapi Israel. Pemimpin Perlawanan Islam Irak itu memuji operasi militer Houthi, yang berkontribusi besar dalam pemberlakuan larangan navigasi maritim Israel.

Ia juga menekankan, perlunya menjaga kesiapan dan koordinasi yang tinggi antara kekuatan poros perlawanan, terutama antara Irak dan Yaman, untuk mendukung rakyat Palestina.

Baca Juga: Warga Turki Tuntut Pengusiran Kapal Perang AS yang Berlabuh di Wilayahnya

Sejak 19 November 2023, Houthi bergabung dalam solidaritas untuk Palestina yang menghadapi agresi Israel di Jalur Gaza.

Houthi melakukan perlawanan terhadap Israel dengan menyerang kapal-kapal terkait Israel yang melintasi Laut Merah menuju pelabuhan-pelabuhan Israel.

Menanggapi hal itu, sekutu Israel, Amerika Serikat menggandeng Inggris dan beberapa negara untuk membuat koalisi melawan Houthi di Yaman. Koalisi AS dan Inggris membombardir sejumlah situs Houthi di Yaman.

Setidaknya 55 orang tewas dan 78 lainnya luka-luka dalam pemboman tersebut sejak awal tahun ini, menurut pernyataan pemimpin Houthi, dikutip dari Al Quds. []

Baca Juga: Intelektual Aljazair Cap Israel ‘Produk Kolonialisme Barat’

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Internasional
Pemandangan kerusakan setelah hujan lebat dan banjir melanda provinsi pelabuhan Hudaydah di Yaman terlihat di Hudaydah, Yaman pada 8 Agustus 2024 [Foto: Houthi Media Center]
Internasional
Internasional
Internasional
Dunia Islam
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia