Operasi Pasukan Afghanistan Tewaskan Puluhan Militan Taliban dan ISIS

Pasukan Pemerintah Afghanistan (Foto: Istimewa)

 

Kabul, 21 Ramadhan 1438/ 16 Juni 2017 (MINA) – Pasukan keamanan Pemerintah Afghanistan gencar melakukan operasi untuk memburu kelompok bersenjata  di Provinsi Kundus dan pada Rabu (14/6) berhasil menewaskan 12 anggota kelompok Taliban.

Kantor berita setempat Bakhtar News Agency (BNA) melaporkan pernyataan Jenderal Abdul Hamid Kunduz, bahwa kelompok bersenjata itu tewas setelah dilakukan operasi udara dan darat yang dilakukan oleh pasukan keamanan Afghanistan di distrik Imam Sahib.

Sepuluh kelompok bersenjata lainnya juga terluka oleh operasi keamanan tersebut.

Sementara di dilaporkan pula, sedikitnya 38 militan yang tergabung dalam kelompok Taliban dan kelompok yang berafiliasi dengan ISIS juga tewas dalam pertempuran dan serangan udara terakhir di Nangarhar timur, belum lama ini.

Menurut pejabat pemerintah setempat, 27 militan ISIS dan 11 gerilyawan Taliban tewas total dalam 24 jam terakhir. Ditambahkan, bahwa 8 militan ISIS dan 4 gerilyawan Taliban juga terluka dalam insiden tersebut.

Sedikitnya tujuh gerilyawan Taliban tewas dan 4 lainnya luka-luka setelah mereka menargetkan serangan udara di daerah Sparai di Chaparhar. Sementara 27 militan ISIS tewas dalam pertikaian dengan gerilyawan Taliban di daerah Spin Jomat, Masta Khel, dan Sholani, kata para pejabat tersebut. .

Menurut pejabat tersebut, setidaknya empat gerilyawan Taliban juga tewas dalam bentrokan dengan militan ISIS.

Korps Silab dari Tentara Nasional Afghanistan sebelumnya telah mengatakan setidaknya enam militan ISIS tewas dalam bentrokan tersebut namun tidak ada laporan mengenai korban Taliban. (T/B05/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)